Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah DJI Spark, Drone Mungil untuk Foto Selfie?

Kompas.com - 07/04/2017, 14:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Di dunia drone, Mavic Pro besutan DJI dikenal sebagai drone lipat berukuran rigkas yang ukurannya hanya sedikit lebih panjang dari telapak tangan orang dewasa.

Kini muncul kabar bahwa pabrikan tersebut sedang berencana merilis produk drone bernama “Spark” yang ukurannya bahkan lebih mungil lagi.

Foto-foto drone dimaksud belakangan muncul dan beredar di forum DJI di China. Salah satu foto memperlihatkan Spark bersandingan dengan Mavic Pro sehingga perbandingan ukuran kedua drone bisa tampak jelas.

Beberapa spekulasi beredar mengenai fungsi dan peruntukkan Spark. Ada yang menyebutkan bahwa ia merupakan drone untuk selfie, ada juga yang berpendapat Spark ditujukan sebagai drone balapan.

Berbeda dari Mavic Pro, Spark disinyalir memiliki lengan rotor yang tidak bisa dilipat. Meski demikian, ukurannya masih lebih ringkas dibandingkan Mavic Pro ketika empat lengan drone itu dalam keadaan ditekuk ke luar.

Menurut informasi yang dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (7/4/2017), di bagian bawah Spark terdapat serangkaian sensor yang mungkin dipakai untuk membantu pemosisian drone saat mengudara.

TechCrunch Bocoran foto drone DJI Spark

Unit kameranya terpasang di gimbal yang bentuknya agak berbeda dibandingkan milik Mavic. Pada Spark, kamera hanya bisa bergerak ke atas dan ke bawah (tilt up-down).

Untuk panning alias menggerakkan kamera ke samping kiri dan kanan, mungkin pengguna mesti memutar seluruh tubuh drone.

Spesifikasi kamera yang dipasang di Spark masih belum diketahui, begitu pula dengan wujud unit remote control yang masih misterius.

Diperkirakan harga Spark nanti akan lebih murah dibandingkan Mavic Pro yang dibanderol di kisaran 1.000 dollar AS atau lebih dari Rp 13 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com