Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows Vista Resmi Berakhir Hari Ini

Kompas.com - 11/04/2017, 18:31 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Hari ini, Selasa (11/4/2017), sistem operasi Windows Vista resmi dimatikan. Hal ini seiring dengan tenggat waktu yang diberikan oleh Microsoft dalam hal pemberian dukungan.

Setelah 11 April 2017, Microsoft tidak akan lagi memberikan pembaruan (update) keamanan untuk Windows Vista. Siapa pun yang masih menggunakan OS ini, berisiko lebih besar mendapat serangan.

Vista sebenarnya tetap bisa digunakan di PC atau laptop. Namun pengguna rentan terhadap serangan keamanan cyber karena tidak ada dukungan dari Microsoft untuk menambal bug. Terlebih lagi, dukungan Microsoft untuk browser Internet Explorer 9 yang merupakan padanan Windows Vista juga sudah dihentikan.

Baca: 11 April, Microsoft Bunuh Windows Vista

Oleh karena itu, pengguna Windows Vista disarankan melakukan upgrade ke OS yang lebih baru, yakni Windows 10.

Vista sendiri sebenarnya bukanlah sistem operasi populer. Saat ini pangsa pasarnya cuma mengambil 0,78 persen dari semua sistem operasi untuk komputer.

Penerus XP yang gagal

Ketika dirilis sekitar 10 tahun lalu, atau pada 2007, Vista sebenarnya digadang-gadang sebagai penerus Windows XP. Tetapi apa daya, popularitas XP tak terkalahkan karena Vista menyimpan banyak bug pada fitur-fiturnya.

Vista dikecam karena kinerjanya lambat, memiliki banyak lubang keamanan, dan fitur proteksi memori yang tidak seperti yang diharapkan. Selain itu, saat dirilis, banyak perangkat PC yang belum bisa menjalankannya secara efisien.

Pasar pun bereaksi negatif. Pabrikan PC AS, Dell mengumumkan akan kembali menggunakan OS Windows XP (pre-installed) di komputer-komputer barunya yang dikapalkan.

Kemudian pada akhir 2008, Microsoft terpaksa harus menunda rencana penghentian pengiriman PC dengan Windows XP sekitar enam bulan, akibat belum siapnya pasar dengan Vista.

Microsoft kemudian membuat rencana cadangan dengan merilis Windows 7 pada akhir 2009, dua tahun setelah Vista dirilis.

Walau masih memiliki beberapa kekurangan, Windows 7 dianggap penerus XP yang sukses dan masih banyak dipakai hingga kini.

Baca: Windows 7 Mulai Masuk Masa Pensiun

Windows 8 dan 8.1 menyusul kemudian berturut-turut pada 2012 dan 2013. Namun keduanya juga mendapat penerimaan yang buruk, gara-gara tombol Start Menu yang dirombak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com