Saat Galaxy S8 Diterima Pemesan, Asisten Digital "Bixby" Belum Sempurna - Kompas.com

Saat Galaxy S8 Diterima Pemesan, Asisten Digital "Bixby" Belum Sempurna

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 12/04/2017, 09:34 WIB
Oik Yusuf/Kompas.com Dian Sastrowardoyo bersama smartphone terbaru Samsung, Galaxy S8 dan Galaxy S8+ di New York, AS, Kamis (30/3/2017).

KOMPAS.com - Asisten digital "Bixby" menjadi salah satu fitur unggulan Samsung Galaxy S8. Saking spesialnya, Samsung bahkan membuatkan tombol default untuk mengakses fitur pintar tersebut.

Sayangnya, para pembeli awal Galaxy S8 dan S8+ harus bersabar menunggu Bixby yang sempurna. Pasalnya, saat mulai dikirim ke pengguna pada 21 April mendatang, fungsi suara alias Voice pada Bixby belum bisa digunakan.

"Fitur Voice akan tersedia di akhir musim semi (Mei)," kata perwakilan Samsung, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Rabu (12/4/2017).

Padahal ketika Bixby diperkenalkan, kegunaan Voice merupakan salah satu yang paling digembar-gemborkan Samsung. Fitur itu bisa dibilang menjadi salah satu pembeda utama antara Bixby dengan Siri buatan Apple dan asisten digital lain yang beredar saat ini.

"Apa saja yang bisa Anda sentuh, bisa Anda lakukan dengan suara," begitu kalimat Samsung untuk memikat kecintaan masyarakat terhadap Bixby.

Ya, Bixby yang sempurna bisa melakukan lebih banyak tugas dengan suara. Misalnya saja mengedit foto, menulis dan mengirim e-mail, dan masih banyak lagi. 

Sementara itu, fungsi lain sudah bisa dinikmati. Artinya, pengguna bisa menikmati kegunaan kamera augmented reality dari Bixby yang dinamai "Vision", akses panel "Home", serta menyetel pengingat alias "Reminder", pada 21 April mendatang.

Di Indonesia sendiri, perangkat Galaxy S8 dan S8+ bakal dikirimkan ke sejumlah pemesan awal pada 5 Mei 2017 mendatang.

Selain Bixby, ada fitur-fitur lain yang menjadi andalan Samsung atas Galaxy S8. Beberapa di antaranya adalah desain bezel-less atau diistilahkan sebagai "Infinity Display", stiker ala Snapchat pada kamera depan, fungsi PC mini, pengenal wajah, serta pemindai iris mata.

Baca: Mengenal Teknologi Bixby dan Pengenal Wajah di Galaxy S8

PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorReska K. Nistanto
SumberThe Verge,
Komentar
Close Ads X