Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Galaxy S8 Diterima Pemesan, Asisten Digital "Bixby" Belum Sempurna

Kompas.com - 12/04/2017, 09:34 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Asisten digital "Bixby" menjadi salah satu fitur unggulan Samsung Galaxy S8. Saking spesialnya, Samsung bahkan membuatkan tombol default untuk mengakses fitur pintar tersebut.

Sayangnya, para pembeli awal Galaxy S8 dan S8+ harus bersabar menunggu Bixby yang sempurna. Pasalnya, saat mulai dikirim ke pengguna pada 21 April mendatang, fungsi suara alias Voice pada Bixby belum bisa digunakan.

"Fitur Voice akan tersedia di akhir musim semi (Mei)," kata perwakilan Samsung, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Rabu (12/4/2017).

Padahal ketika Bixby diperkenalkan, kegunaan Voice merupakan salah satu yang paling digembar-gemborkan Samsung. Fitur itu bisa dibilang menjadi salah satu pembeda utama antara Bixby dengan Siri buatan Apple dan asisten digital lain yang beredar saat ini.

"Apa saja yang bisa Anda sentuh, bisa Anda lakukan dengan suara," begitu kalimat Samsung untuk memikat kecintaan masyarakat terhadap Bixby.

Ya, Bixby yang sempurna bisa melakukan lebih banyak tugas dengan suara. Misalnya saja mengedit foto, menulis dan mengirim e-mail, dan masih banyak lagi. 

Sementara itu, fungsi lain sudah bisa dinikmati. Artinya, pengguna bisa menikmati kegunaan kamera augmented reality dari Bixby yang dinamai "Vision", akses panel "Home", serta menyetel pengingat alias "Reminder", pada 21 April mendatang.

Di Indonesia sendiri, perangkat Galaxy S8 dan S8+ bakal dikirimkan ke sejumlah pemesan awal pada 5 Mei 2017 mendatang.

Selain Bixby, ada fitur-fitur lain yang menjadi andalan Samsung atas Galaxy S8. Beberapa di antaranya adalah desain bezel-less atau diistilahkan sebagai "Infinity Display", stiker ala Snapchat pada kamera depan, fungsi PC mini, pengenal wajah, serta pemindai iris mata.

Baca: Mengenal Teknologi Bixby dan Pengenal Wajah di Galaxy S8

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com