Meski Laku Keras, NES Classic Edition Tetap "Dibunuh" Nintendo - Kompas.com

Meski Laku Keras, NES Classic Edition Tetap "Dibunuh" Nintendo

Deliusno
Kompas.com - 15/04/2017, 16:58 WIB
Nintendo Nintendo Classic Mini

KOMPAS.com - Tertarik untuk membeli konsol Nintendo Entertainment System (NES) Classic Edition? Jika iya, segera wujudkan niat Anda itu karena perangkat tersebut bakal segera langka di pasaran.

Pasalnya, Nintendo sudah memutuskan untuk "membunuh" atau menghentikan produksi dari lini produk NES versi mini tersebut.

"Di akhir April, Nintendo wilayah Amerika akan menerima pengiriman terakhir dari Nintendo Entertainment System: NES Classic Edition untuk tahun ini," tulis Nintendo Amerika, sebagaimana KompasTekno rangkum dari IGN, Sabtu (15/4/2017).

Konsol game itu sendiri sebenarnya mendapat perhatian cukup besar dari gamer di wilayah Amerika. Buktinya, stok dari konsol tersebut seringkali habis. Hal tersebut pun disadari oleh pihak Nintendo sendiri.

"Kami mengerti bahwa banyak konsumen yang kesulitan untuk menemukan konsol, dan untuk itu kami meminta maaf. Kami sangat mendengarkan feedback dari konsumen, sangat menghargai tingginya minat dan dukungan untuk produk ini," lanjut Nintendo.

Lantas, apa alasan penghentian produksi NES Classic Edition ini? Menurut perwakilan Nintendo, konsol tersebut memang tidak ditujukan sebagai produk jangka panjang yang diproduksi secara terus menerus. Bisa dikatakan, produk tersebut merupakan konsol edisi spesial.

"Meskipun begitu, karena permintaan yang tinggi, kami menambah pengiriman tambahan dari rencana awal," kata Nintendo.

Nintendo Konsol game Nintendo Famicom Mini

Penghentian dari NES Classic Edition ini pun tampaknya tidak hanya berlaku di wilayah Amerika saja, melainkan di seluruh dunia. Versi Jepang dari NES Classic Edition tersebut, yaitu Famicom Classic, juga mengalami nasib yang sama.

NES Classic Edition sendiri dirilis pada 10 November 2016 lalu. Dalam perangkat tersebut, pemain akan menemukan 30 game klasik, termasuk Donkey Kong, Mega Man, dan Super Mario Bros. Produk yang satu ini dipasarkan dengan harga 60 dollar AS atau sekitar Rp 800.000.

Baca: Nintendo Tawarkan Rp 265 Juta bagi Penemu Kutu di Konsol Switch

PenulisDeliusno
EditorDeliusno
SumberIGN,

Komentar