Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Populer, Penjualan Drone Terus Menanjak

Kompas.com - 16/04/2017, 16:23 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Drone semakin populer, setidaknya di Amerika Serikat di mana penjualan wahana terbang nirawak itu dilaporkan mengalami kenaikan penjualan hingga 117 persen pada 2016 lalu.

Hal tersebut diungkapkan dalam laporan terbaru dari lembaga riset pasar NPD Group, untuk periode 12 bulan yang berakhir pada Februari 2017.

Nilai penjualan terbesar dicatat oleh kategori drone “premium”, yakni perangkat dengan banderol di atas 300 dollar AS atau sekitar Rp 4 juta.

NPD menyebutkan bahwa konsumen drone kini semakin menyukai fitur-fitur canggih seperti autopilot dan follow mode yang hanya ada di produk drone berharga mahal.

Drone dengan fitur autopilot terjual lima kali lebih cepat dibandingkan drone yang tak memiliki fitur tersebut,” tulis NPD dalam laporannya.

Salah satu drone yang paling banyak dicari oleh konsumen, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Minggu (16/4/2017), adalah seri produk phantom bikinan DJI yang merupakan salah satu pemain terbesar di industri ini.

Popularitas drone di seluruh dunia diperkirakan akan makin menanjak. Sebelumnya, lembaga riset Gartner memprediksi penjualan drone di seluruh dunia pada 2017 akan mencapai kisaran 3 juta unit dengan nilai 6 miliar dollar AS.

Pada 2020 mendatang, Gartner memproyeksikan pasaran drone akan menggelembung hingga lebih dari 11 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com