Edge, Firefox, dan Chrome, Mana yang Paling Irit Baterai? - Kompas.com

Edge, Firefox, dan Chrome, Mana yang Paling Irit Baterai?

Oik Yusuf
Kompas.com - 17/04/2017, 11:31 WIB
Microsoft/ YouTube Potongan video pengujian efisiensi baterai tiga peramban oleh Microsoft.

KOMPAS.com - Dengan banyak laman web yang terbuka dalam satu waktu, peramban internet bisa menguras daya dan memboroskan baterai laptop.

Dari tiga browser populer, Chrome, Firefox, dan Edge, mana yang paling boros baterai? Microsoft menggelar pengujian ketiga peramban tersebut di perangkat Surface Book dengan memutar video secara terus menerus.

Hasilnya tak mengejutkan. Edge -yang dibikin oleh Microsoft sendiri- muncul sebagai pemenang dengan membuat Surface Book bertahan menyala selama 12,5 jam.

Firefox hanya mencatat waktu 7 jam, disusul oleh Chrome dengan kisaran 9 jam.

“Berdasarkan uji open-source yang menyimulasikan aktivitas browsing dengan berbagai tab, Microsoft Edge menggunakan daya 31 persen lebih efisien dibanding Google Chrome, dan 44 persen lebih efisien dari Mozilla Firefox,” tulis Microsoft dalam sebuah posting blog.

Posting yang bersangkutan juga menjelaskan metodologi dari pengujian ketiga peramban secara lebih rinci, termasuk di dalamnya penggunaan Windows 10 Creators Update yang menambah efisiensi penggunaan energi.

Uji open source yang dipakai adalah BrowserEfficiencyTest yang bisa diakses di laman berikut.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (17/4/2017), ini bukan kali pertama Microsoft membikin perbandingan efisiensi daya ketiga peramban.

Raksasa software itu juga melakukan hal yang sama tahun lalu, dengan hasil yang kurang lebih serupa. Ketika itu Google “menjawab” dengan merilis versi baru dari Chrome, yang ternyata masih lebih boros dibandingkan Edge.

Baca: Opera Tangkis Sindiran Microsoft Edge

PenulisOik Yusuf
EditorDeliusno
SumberThe Verge,
Komentar
Close Ads X