Tampilan YouTube di Android Dirombak? - Kompas.com

Tampilan YouTube di Android Dirombak?

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 17/04/2017, 17:45 WIB
Phone Arena Bocoran screenshot berisi antarmuka baru aplikasi YouTube Android

KOMPAS.com - Google tampaknya sedang mempersiapkan wajah baru untuk aplikasi YouTube di perangkat Android. Keberadaan wajah baru tersebut diketahui dari sejumlah secreenshot yang bocor.

Dari screenshot tersebut terlihat bahwa tampilan antarmuka aplikasi YouTube di Android berubah. Sebagian perubahan tersebut membuat aplikasi ini cenderung mirip dengan versi web dan iOS.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Senin (17/4/2017), beberapa diantaranya adalah kolom navigasi (berisi Home, Trending, Subscription dan Library) yang kini melayang di bagian bawah layar, snapshot untuk mengintip gambar video di menit tertentu, serta perubahan tata letak tombol.

Berikutnya, mode picture in picture dihilangkan. Selama ini mode tersebut berguna untuk menampilkan video yang sedang diputar. Bentuknya berupa kolom kotak berisi video yang melayang di sisi kanan bawah layar.

Sebagai gantinya, YouTube di Android bakal menyematkan sebuah kolom gambar di bagian bawah layar. Kolom ini berisi gambar yang berasal dari video yang sedang dimainkan, serta tombol Play atau Pause.

Biasanya, pada bagian kiri atas layar terdapat tulisan untuk menunjukkan nama kolom yang sedang dibuka pengguna. Pada tampilan baru, nama kolom tersebut dihapus dan diganti dengan tulisan “YouTube”.

Selain itu, tombol untuk upload video pun dipindah lokasinya ke samping tombol pencarian. Ada juga kolom baru yang diberi nama Account untuk mengakses berbagai pengaturan aplikasi.

Wajah YouTube Android ini merupakan perubahan ketiga yang dilakukan Google. Perubahan itu diterapkan karena Google memang berniat membuat aplikasi yang tetap memiliki wajah serupa, walau diakses dari berbagai sistem operasi berbeda.

Rencananya, Google bakal mengirimkan wajah baru aplikasi YouTube Android ini melalui pembaruan di sisi server. Pengguna akan langsung merasakannya saat Google sudah benar-benar merilisnya.

Baca: Cara Mengaktifkan Mode Gelap Tersembunyi di YouTube

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM