Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lengserkan Lenovo, HP Puncaki Pasar PC Dunia

Kompas.com - 18/04/2017, 15:32 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Laporan lembaga riset pasar IDC mengungkap perubahan kondisi pangsa pasar PC dunia. Pada kuartal pertama 2017 ini, pangsa pasar PC dunia dikuasai oleh HP.

Sebelumnya sejak 2013 silam, HP telah lengser dari posisinya sebagai perusahaan nomor satu dalam hal PC. Baru pada 2017 ini, atau setelah 4 tahun, HP kembali lagi jadi yang nomor satu dengan total pangsa pasar 21,8 persen.

Sementara itu, di peringkat kedua terdapat Lenovo dengan pangsa pasar 20,4 persen.. Peringkat ketiga diduki oleh Dell dengan 15,9 persen, keempat oleh Apple dengan 7 persen dan di posisi lima ada Acer dengan 6,8 persen.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Business Insider, Selasa (18/4/2017), kondisi pasar PC sendiri menunjukkan peningkatan kecil.

Pada kuartal pertama 2017 ini, IDC mencatat total pengapalan PC ke seluruh dunia mencapai 60.328.000 unit. Angka tersebut mengindikasikan pasar PC tahun ini tumbuh 0,6 persen dibandingkan tahun lalu.

Pertumbuhan tersebut mematahkan prediksi yang sebelumnya menyebutkan akan terjadi penurunan 1,8 persen di pengapalan PC pada kuartal satu 2017.

Namun perlu juga dicatat, pada perhitungan pasar kali ini IDC mengikutsertakan laptop Google Chromebook. Disinyalir peningkatan kecil di pengapalan PC itu muncul karena adanya Chromebook.

Sementara itu laporan riset pasar lain dari Gartner menyebut bahwa pasar PC pada kuartal ini mengalami penurunan 2,4 persen year on year. Riset Gartner tidak memasukkan Google Chromebooks ke dalam perhitungannya.

Baca: Pasar PC Turun Lagi, Apple Terbanyak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com