Layar Galaxy S8 Jadi Kemerahan, Samsung Akui Ada Masalah - Kompas.com

Layar Galaxy S8 Jadi Kemerahan, Samsung Akui Ada Masalah

Oik Yusuf
Kompas.com - 19/04/2017, 17:06 WIB
Oik Yusuf/KOMPAS.com Galaxy S8 dan S8+

KOMPAS.com - Layar berteknologi Infinity Display yang ekstra lebar merupakan salah satu kunci keunggulan duo Galaxy S8 dibandingkan para rivalnya. Tetapi layar tersebut dilaporkan bermasalah oleh sebagian pemilik Galaxy S8 di Korea Selatan.

Para pemilik baru Galaxy S8 di Negeri Ginseng ini merupakan pelanggan yang sebelumnya telah melakukan pre-order. Masalah dimaksud berupa layar yang berwarna kemerahan (reddish tint).

Beberapa di antara mereka menulis keluhannya di forum-forum online. "Setelah membaca artikel, ternyata ada banyak panel (display Galaxy S8) yang kemerahan. Saya juga tidak beruntung, haruskah saya menukarnya?" tanya seorang pemilik.

Tak diketahui berapa banyak unit Galaxy S8  yang terdampak. Namun, Samsung mengakui bahwa layar perangkat tersebut memang bisa tampak kemerahan.

"Ini bukan masalah kualitas dan bisa diatur dari ponsel. Apabila warnanya masih kemerahan, pengguna bisa menukar unitnya di service center," sebut Samsung dalam sebuah pernyataan yang dirangkum KompasTekno dari The Korea Herald, Rabu (19/4/2017).

Yonhap Dua perangkat Galaxy S8 di sisi kanan dan kiri memiliki layar yang berwarna kemerahan.

Penjelasan Samsung

Menurut Samsung, warna kemerahan disebabkan oleh adaptive display yang otomatis mengatur warna, saturasi, dan ketajaman sesuai dengan lingkungan sekitar. Color balance layar bisa diatur lewat menu display di dalam settings.

Seorang pengamat industri yang menolak disebutkan identitasnya mengungkap kemungkinan bahwa warna merah boleh jadi berasal dari penggunaan AMOLED berwarna merah gelap di panel layar Galaxy S8.

Tak seperti LCD yang terdiri dari tiga subpixel berwarna merah, biru, dan hijau, OLED Galaxy S8 memiliki dua sub-pixel, masing-masing berwarna merah-hijau dan biru-hijau sehingga berisiko mengganggu keseimbangan warna.

"Warna kemerahan mungkin disebabkan oleh problem color balance karena Samsung menggunakan AMOLED merah gelap untuk menguatkan warna merah," kata sang sumber.

Selain layar, Galaxy S8 juga menuai keluhan dari sebagian konsumen di AS terkait fungsi tombol Bixby di samping perangkat. Tombol ini hanya bisa digunakan untuk memanggil sang asisten digital Bixby, bukan fungsi lain seperti kamera atau Google Assistant.

Baca: Saat Galaxy S8 Diterima Pemesan, Asisten Digital Bixby Belum Sempurna

PenulisOik Yusuf
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM