Twitter Dukung Keamanan Dua Langkah, Begini Caranya - Kompas.com

Twitter Dukung Keamanan Dua Langkah, Begini Caranya

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 19/04/2017, 21:04 WIB
Getty/BBC Twitter.

KOMPAS.com - Twitter baru saja merilis dukungan pengamanan akun model two-factor authentication (2FA) dengan aplikasi pihak ketiga.

Sebelumnya, mode 2FA di Twitter hanya bisa dipakai menggunakan kode keamanan sekali pakai yang dikirimkan melalui SMS. Namun dengan adanya dukungan untuk aplikasi pihak ketiga, pengguna jadi bisa menggunakan aplikasi 2FA dari Google Authenticator atau Authy.

Dengan menyalakan 2FA ini, akun Anda bisa dibuat lebih aman dan sulit ditembus oleh peretas. Pasalnya pengamanan tersebut membaut peretas kesulitan masuk karena mesti memiliki kode khusus yang dikirimkan langsung ke perangkat genggam pengguna.

Jika Anda ingin mengaktifkannya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Rabu (19/4/2017), ikutilah panduan berikut ini.

1. Pasang aplikasi 2FA. Bila Anda pengguna Android, bisa mencoba Google Authenticator melalui tautan ini atau Authy melalui tautan ini. Selanjutnya buatlah akun menggunakan smartphone Anda.

2. Masuk ke Twitter melalui peramban desktop. Pilih Setting and Privacy, berikutnya centang pilihan “Verify login request”.

3. Untuk menyalakan fitur “Verify login request”, Anda harus mencantumkan nomor telepon yang bisa menerima SMS. Jika sudah mencantumkannya, setelah mencentang fitur tersebut Anda akan diminta memasukkan kode rahasia yang dikirimkan ke nomor terdaftar.

screenshot Menu pengamanan login di Twitter

4. Masukan kode rahasia tersebut dan berikutnya Anda akan kembali ke layar menu. Masuk ke menu Account dan lihatlah kolom Security. Tepat di bawah fitur “Verify login request” terdapat sebuah tombol bertuliskan “Setup a code generator app”.

5. Pilihlah tombol “Setup a code generator app” itu sehingga muncul sebuah kode QR di layar. Selanjutnya, nyalakan aplikasi Google Authenticator atau Authy yang sudah dipasang tadi dan pakai untuk memindai kode QR.

screenshot Tombol yang ditunjuk panah merah berfungsi untuk mengaktifkan aplikasi 2FA buatan pihak ketiga
6. Setelah memindai kode QR itu, aplikasi 2FA yang Anda gunakan akan menampilkan enam digit kode rahasia. Masukkan kode tersebut ke kolom “Security Code” dan klik Done, baik di Twitter dan di aplikasi 2FA tersebut.

7. KompasTekno menggunakan aplikasi Google Authenticator untuk mencoba fitur ini. Jika menggunakan aplikasi 2FA serupa, Anda akan menemukan enam digit kode berlabel Twitter (nama akun) di dalamnya. Enam digit itu adalah kode rahasia yang dibutuhkan untuk masuk ke akun Twitter Anda dan setiap menit akan diubah dengan acak.

Setelah menyelesaikan semua tahap tersebut, Anda bisa bernafas lega karena akun Twitter Anda sudah lebih aman dan terlindung dari serangan peretas. Hal menarik dari pengamanan ini adalah, kode rahasia tersebut tetap bisa diakses meski Anda dalam keadaan offline.

Baca: WhatsApp Terapkan Verifikasi Dua Langkah, Begini Cara Mengaktifkannya

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReska K. Nistanto

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM