Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kotak Kaca Ikonik Apple di New York Bakal Dihancurkan, Mengapa?

Kompas.com - 20/04/2017, 11:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Tak ada yang spesial dari kota kaca di depan Apple Store Manhattan, New York, AS. Bentuknya benar-benar kotak dengan embel-embel logo Apple di sisi tengahnya.

Kotak itu menandai pintu masuk ke Apple Store. Meski fungsinya sederhana, kotak kaca itu bisa dibilang sebagai salah satu ikon di distrik Manhattan.

Kini kotak kaca tersebut bakal dihancurkan. Apple telah mengisi formulir izin penghancuran kaca ikonik itu bulan lalu, kemudian pemerintah setempat mengeluarkan izin resminya tiga hari lalu. (Baca: Kecelakaan, Dinding Kaca Toko Apple Retak)

Pabrikan Cupertino itu diperkirakan bakal mengeluarkan uang senilai 2 juta dollar AS atau sekitar Rp 26 miliar untuk biaya penghancuran, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Kamis (20/4/2017).

Menurut formulir izin, Apple memutuskan untuk menghancurkan ikon kotak kacanya demi memperluas toko. Saat ini Apple Store Manhattan luasnya 32.000 meter persegi dan targetnya akan dilebarkan menjadi 77.000 meter.

Kotak kaca Apple menjadi salah satu penghalang untuk memperluas toko, sehingga harus dipangkas. Selain itu, Apple juga akan menyewa bangunan di sekitar tokonya saat ini untuk memungkinkan pelebaran hingga 77.000 meter.

Belum jelas kapan penghancuran kotak kaca Apple dilakukan dan seperti apa rencana renovasi pelebaran toko di Manhattan. Yang jelas, selama renovasi, Apple Store akan pindah ke toko mainan FAO Schwarz di dekatnya.

Jadi, para turis dan warga Manhattan masih bisa mengantre untuk membeli lini iPhone di Apple Store sembari renovasi dilakukan. (Baca: Apple Store di Singapura Sudah Mulai Dibangun)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com