Mengenal Kamera Ganda di Xiaomi Mi 6 - Kompas.com

Mengenal Kamera Ganda di Xiaomi Mi 6

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 20/04/2017, 14:01 WIB
KOMPAS.com/Reza Wahyudi Mi 6 bagian belakang

KOMPAS.com - Xiaomi Mi 6 telah resmi diumumkan dalam sebuah acara di Beijing, China, Rabu (19/4/2017). Sesuai dengan berbagai bocoran yang sebelumnya beredar, smartphone ini dibekali dengan kamera utama berlensa ganda yang bertengger di casing belakangnya.

Kamera ganda tersebut masing-masing menggunakan sensor berketajaman 12 megapiksel, satu untuk urusan telephoto dan satu lagi untuk wide-angle. Lalu, apa maksud dari telephoto dan wide-angle? Seperti apa hasil fotonya?

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari India Today, Kamis (20/4/2017), masing-masing kamera tersebut punya fungsi berbeda dan menggunakan jenis sensor yang berbeda. (Baca: Ini Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi 6)

Kamera pertama memakai sensor berukuran besar, yakni berukuran 1,25 mikron. Sensor itu berpasangan dengan lensa wide yang memiliki aperture F/1.8 dan memiliki fitur anti-getar optical image stabilization (OIS) 4-axis.

Lensa ini memiliki sudut pengambilan gambar lebih lebar, memuat lebih banyak objek dibanding lensa biasa, dan tidak membuat objek terlihat lebih dekat. Xiaomi sendiri belum mengumumkannya, namun disinyalir lensa kamera ini berukuran 28 milimeter.

Kamera kedua memakai sensor berukuran lebih kecil, yakni berukuran 1 mikron. Bukaannya aperture F/2.6 dan sebuah lensa telephoto yang disinyalir berukuran 52 milimeter. Lensa telephoto ini memiliki sudut pandang lebih sempit dan membuat objek terlihat lebih dekat.

Teknologi 2x Zoom yang ada di Xiaomi Mi 6 memanfaatkan kemampuan lensa telephoto ini. Saat menggunakan lensa wide objek foto terlihat jauh, tapi ketika berganti ke lensa telephoto maka objek akan terlihat lebih dekat.

Kemampuan menarik lain dari kamera ganda tersebut adalah adanya Portrait Mode, serupa dengan yang digunakan oleh Apple di iPhone 7 Plus. Portrait Mode milik Xiaomi Mi 6 membuat foto mendapatkan latar belakang bokeh (blur), sedangkan objek tetap tajam. Sementara waktu ini, tampaknya efek bokeh itu hanya ideal digunakan di luar ruangan.

Selain itu ada juga fitur seperti Natural Color Correction, yakni algoritma yang berguna membuat kulit objek foto menjadi lebih putih dan tetap terlihat alami. Ada juga fitur Smart Beautify, yang berguna memindai wajah dan membantu memutihkan kulit di posisi yang tepat.

Baca: Ini Dia Harga Xiaomi Mi 6, Termurah Rp 4,8 Juta

Berikut ini contoh-contoh resmi hasil jepretan kamera Xiaomi Mi 6:

wccftech Contoh jepretan kamera Xiaomi Mi 6

wccftech Contoh hasil jepretan kamera Xiaomi Mi 6

Xiaomi Contoh hasil jepretan kamera Xiaomi Mi 6

Xiaomi Contoh hasil jepretan kamera Xiaomi Mi 6

Xiaomi Contoh hasil jepretan kamera Xiaomi MI 6

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorDeliusno

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM