Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Berambisi Bikin Sistem yang Bisa Baca Pikiran Orang

Kompas.com - 20/04/2017, 16:25 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Di ajang kumpul developer tahunan "F8", Facebook menjabarkan ambisinya untuk menciptakan komunikasi langsung dari otak ke komputer. Intinya, sistem tersebut bisa membaca pikiran pengguna untuk kemudian diteruskan ke perangkat elektronik yang terhubung dengan jaringan internet.

"Bagaimana jika Anda bisa mengetik di komputer langsung dari pikiran Anda?" kata Head of Hardware R&D Facebook, Regina Dugan, di sela-sela konferensi F8, sebagaimana dilaporkan Gizmodo dan dihimpun KompasTekno, Kamis (20/4/2013).

Dugan kemudian memamerkan sebuah video yang mengilustrasikan seorang perempuan mengetik delapan kata per menit tanpa menyentuh keyboard dengan jari. Perempuan itu seakan bertelepati langsung dari pikirannya dan terketik otomatis ke komputer.

Di masa depan, Dugan menargetkan sistem yang dinamai real-time silent speech itu mampu memaparkan ratusan kata per menit. (Baca: Spaces, Tempat Nongkrong Virtual Bikinan Facebook)

"Sistem akan lima kali lebih cepat ketimbang mengetik manual di smartphone atau komputer. Terlebih, hasil ketikan sesuai dengan pikiran Anda," ia menuturkan.

Menurut Dugan, aktivitas di otak berisi banyak informasi, lalu tersaring ketika diucapkan atau dituliskan manusia. Otak juga berisi informasi semantik yang kadang sulit dikeluarkan sebagai kata-kata.

Oleh karenanya, mentransfer buah pikiran langsung ke layar komputer atau smartphone merupakan inovasi yang terbilang luar biasa. Bisa dibilang sistem ini semakin dekat menyamai kecerdasan otak manusia yang sebenarnya.

Ujung-ujungnya, tujuan dari proyek di bawah naungan "Facebook Building 8" ini adalah untuk membangun dunia online yang terasa nyata. Komunikasi di ranah maya tak lagi menemui banyak kesalahpahaman seperti sekarang.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, kembali menegaskan ambisi perusahaan jejaring sosial itu melalui akun Facebook personalnya. Ia mengatakan timnya sedang berupaya membuat sistem yang memungkinkan sinkronisasi tanpa henti antara otak dan komputer.

"Ini akan membantu membuat inovasi seperti augmented reality terasa lebih natural," ujarnya. Belum jelas kapan sistem ini akan dikomersilkan. Agaknya tim pengembang Facebook memiliki PR yang sulit untuk dibuktikan kesuksesannya beberapa tahun ke depan. (Baca: Video Pembunuhan di Facebook Ditonton 1,6 Juta Kali)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com