Lebih Hemat Baterai Galaxy S8 Versi Snapdragon atau Exynos? - Kompas.com

Lebih Hemat Baterai Galaxy S8 Versi Snapdragon atau Exynos?

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 20/04/2017, 20:20 WIB
Oik Yusuf/KOMPAS.com Kamera dan sensor sidik jari berdampingan di punggung Samsung Galaxy S8 dan S8+

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S8 hadir dengan kapasitas baterai yang sama dengan Galaxy S7 yakni 3.000 mAh. Meski demikian, baterai pada Galaxy S8 diklaim lebih tahan lama dibandingkan pendahulunya.

Hal ini dimungkinkan prosesor Snapdragon 835 atau Exynos 8895 yang lebih efisien daya. Keduanya dibuat dengan arsitektur 10 nm terbaru, bukan 14 nm seperti di Galaxy S7.

Nah, berbicara soal chipset, Snapdragon 835 dan Exynos 8895 dikatakan identik dari segi performa secara keseluruhan. Galaxy S8 versi Snapdragon diperuntukan bagi masyarakat Amerika Serikat dan China, sementara versi Exynos untuk pasar global lainnya. (Baca: Membandingkan Galaxy S8 Plus dengan LG G6)

Lantas, dari segi baterai, apakah kedua versi memberikan performa sama? Ketika diuji coba, Galaxy S8 yang dipersenjatai Exynos 8895 ternyata lebih efisien sehingga baterainya lebih tahan lama.

Dengan penggunaan normal, baterai bisa tahan 8 jam 22 menit, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Kamis (20/4/2017).

Sementara itu, Galaxy S8 yang diotaki Snapdragon 835 mampu bertahan 7 jam 30 menit dengan pemakaian serupa. Perbedaannya bisa dibilang cukup signifikan, hingga hampir satu jam.

Hasil uji ini juga sekaligus mengonfirmasi bahwa baterai Galaxy S8 tak bisa tahan dua hari. Flagship itu harus di-charge pasca pemakaian non-stop selama 7 hingga 8 jam.

Salah satu alasan versi Snapdragon lebih boros baterai adalah fakta bahwa kecepatan Snapdragon sedikit lebih tinggi. Kecepatan maksimum untuk versi Snapdragon adalah 2.35 GHz dan daya rendahnya 1.9 GHz. Sementara pada Exynos kecepatan maksimumnya 2.3 GHz dan terendahnya pada 1.7 GHz. (Baca: Bapak-Anak Gergaji Baterai Galaxy S8, Hasilnya?)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorDeliusno
SumberPhone Arena,
Komentar
Close Ads X