Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah Foto Jadi Terlihat Tua atau Muda dengan FaceApp, Begini Caranya

Kompas.com - 26/04/2017, 10:38 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan ini linimasa Twitter dan Facebook dibanjiri foto-foto yang membandingkan wajah seseorang saat muda dan tua. Foto tersebut dibuat dengan aplikasi FaceApp yang bisa mengubah wajah seseorang menjadi beragam versi.

Misalnya, Anda adalah seorang remaja perempuan, lantas penasaran seperti apa jadinya jika wajah Anda dibikin dalam versi lelaki, tua, maupun muda. Anda bisa memanfaatkan FaceApp untuk melihatnya.

Cara menggunakan FaceApp cukup mudah. Pertama, unduh FaceApp melalui Google Play Store atau Apple App Store. Selanjutnya, buka aplikasi FaceApp dan Anda akan melihat antarmuka yang simpel. Cuma ada layar untuk membidik selfie secara default, meski bisa pula Anda alihkan ke kamera belakang.

Anda bisa membidik foto langsung dari kamera aplikasi FaceApp atau memilih foto yang tersimpan di galeri. FaceApp mengelompokkan foto-foto di galeri menjadi dua bagian, yakni foto wajah dan foto secara keseluruhan.

Pengalaman KompasTekno, Rabu (26/4/2017), ketika membidik langsung dari kamera FaceApp, pemrosesan sedikit lebih lambat ketimbang mengedit foto yang tersemat di galeri.

Nah, setelah menentukan foto untuk diedit, FaceApp akan memunculkan pilihan pengeditan. Ada beberapa pilihan yang diberikan, mulai dari "duo" untuk mengedit dua foto sekaligus, atau "kolase" untuk mengedit empat foto sekaligus di FaceApp.

Versi-versi wajah yang bisa dipatrikan pada foto adalah versi senyum tipis, senyum lebar, tua, muda, lelaki, dan perempuan. Anda juga bisa membuat kulit lebih bersinar dengan pilihan "spark".

Berikut beberapa contoh hasil pengeditan foto menggunakan FaceApp yang dibagi netizen ke media sosial.

 

Based on #faceapp I should have been a girl haha

A post shared by Kirk Smith (@kirksmithcomedy) on Apr 25, 2017 at 6:37pm PDT

 

versi tuo ku iki koyo sopo yo??? ???????? #faceapp

A post shared by wisnu tri prasongko (@wisnutriprasongko) on Apr 25, 2017 at 5:54pm PDT


FaceApp dirilis pada 15 Januari 2017 dan pembaruan terakhirnya pada 24 April lalu oleh Wireless Lab. Namun, keramaian FaceApp di ranah maya baru dirasakan sejak beberapa hari terakhir. Banyak netizen yang memanfaatkan aplikasi FaceApp untuk berguyon dengan mengedit foto-foto figur publik.

Aplikasi ini seyogyanya bisa diunduh secara gratis. Namun, foto-foto yang diedit bakal tersematkan watermark bertuliskan "FaceApp". Untuk menghilangkannya, Anda bisa meng-upgrade aplikasi ke versi Pro dengan membayar Rp 53.000.

Selamat menjajal!

Baca: 8 Aplikasi Edit Foto Terpopuler di Android

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com