Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur "Drag and Drop" di Android Bakal Makin Canggih

Kompas.com - 28/04/2017, 06:56 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Google mendaftarkan paten untuk mekanisme seret-taruh atau kerap diistilahkan drag and drop pada perangkat mobile. Biasanya, drag and drop lebih familiar pada laptop atau fungsi-fungsi tertentu di sistem operasi Android.

Paling sederhana, untuk mengelompokkan aplikasi ke folder tertentu pada ponsel Android, pengguna bisa menarik aplikasi dan meletakkannya ke folder dengan drag and drop tadi.

Namun, paten yang dibuat Google mengakomodir fungsi drag and drop yang lebih mendalam. Ditilik dari ilustrasinya, pengguna bisa memindahkan teks, gambar, dan file lainnya di ponsel.

Lebih lanjut, konten-konten yang dipindahkan tak cuma dalam satu aplikasi tertentu tapi bisa juga antar-aplikasi, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Jumat (28/4/2017).

Contohnya ketika pengguna memilih foto tertentu di galeri ponsel. Pengguna bisa menariknya dan memindahkan ke aplikasi pengeditan foto, chatting, atau layanan lainnya yang menerima format gambar itu.

Begitu pula dengan teks. Pengguna bisa memblok teks chat, lantas menariknya keluar dari aplikasi chat dan meletakkan langsung di aplikasi penerjemah kata atau mesin pencari.

Jika paten ini direalisasikan, pengguna tentu bisa lebih produktif dalam menjajal ponsel Android. Tak perlu lagi menekan banyak opsi untuk mengedit foto, menyalin teks, atau mentransfer file.

Meski demikian, perlu diingat kembali bahwa paten teknologi kerap mengisyaratkan rencana dan cita-cita suatu vendor. Paten bisa jadi direalisasikan jika mungkin, tapi bisa pula cuma berakhir sebagai paten belaka.

Google sendiri belum mengumbar apakah paten drag and drop di perangkat mobile ini akan direalisasikan atau tidak. Belum jelas pula pengimplementasiannya akan dilakukan pertama kali kapan dan pada perangkat mobile apa. Kita tunggu saja.  

Baca: Ini Game Android Buatan Lokal Terbaik Menurut Google

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com