Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Bakal Temui Bos Pabrikan China Perakit iPhone

Kompas.com - 28/04/2017, 17:30 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kerap mengkritik Apple karena mengandalkan rekanan pabrik di luar AS untuk memproduksi perangkat elektronik. Dalam hal ini, salah satu rekanan terbesar Apple adalah Foxconn yang berkantor pusat di Taiwan.

Meski demikian, Trump kini justru dikabarkan hendak menemui Presiden Direktur Foxconn, Terry Gou, dalam waktu dekat. Jika benar, pertemuan ini adalah yang pertama kalinya terjadi.

Kabarnya, pertemuan itu dimediasi oleh Presiden Direktur SoftBank Group, Masayoshi Son. Sebelumnya, pada Desember 2015, Son dan Trump telah bertemu di New York, AS.

Lantas, apa yang bakal dibahas Trump dengan bos Foxconn? Menurut selentingan rumor, Trump hendak membicarakan kemungkinan akuisisi unit bisnis chip memori NAND milik Toshiba.

Diketahui, Apple dan Foxconn adalah dua perusahaan yang paling gencar diisukan berminat mencaplok NAND. Pemerintah AS ingin memastikan akuisisi ke anak usaha Toshiba itu tak membahayakan keamanan nasional.

Pasalnya, unit bisnis NAND ada kaitannya dengan Westinghouse yang merupakan unit nuklir Amerika di bawah naungan Toshiba. Westinghouse memiliki teknologi reaktor berkelas militer.

Namun, lagi-lagi kabar ini belum dikonfirmasi oleh berbagai pihak yang terlibat. Sebelumnya, dikabarkan bahwa menantu Trump, Jared Kushner, sudah lebih dulu bertemu Gou pada Februari lalu.

Apakah Trump dan Foxconn akan membahas potensi bisnis Apple? Atau justru lebih fokus pada bursa akuisisi Toshiba? Belum ada yang bisa memastikan hingga pertemuan itu berlangsung.

Baca: Tinggalkan Android, Donald Trump Kini Pakai iPhone

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com