Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel 4G Terkecil di Dunia Dijual Rp 1 Juta

Kompas.com - 29/04/2017, 08:56 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Layar smartphone lama-kelamaan menunjukkan kecenderungan untuk semakin bongsor. Namun sebuah perusahaan bernama Unihertz malah mengambil pendekatan sebaliknya melalui perangkat bernama Jelly.

Pembuatnya mengklaim bahwa Jelly adalah smartphone 4G LTE terkecil di dunia. Bentang diagonal layarnya hanya 2,45 inci, jauh lebih mungil dibandingkan para raksasa smartphone yang bisa mencapai ukuran layar di atas 6 inci.

Layar tersebut menggunakan panel Thin Film Transistor (TFT) dan resolusinya 432 x 240 piksel. Tinggi Jelly hanya sekitar 10 cm, sementara lebarnya 4,3 cm. Perangkat ini adalah penerus dari produk sebelumnya, Posh Micro, yang diluncurkan pada 2015 lalu.

Kendati berukuran mini, spesifikasi Jelly bisa dibilang setara dengan ponsel Android low-end. Di dalamnya tertanam chip quad-core MediaTek 6737M berkecepatan 1,1 GHz, berikut RAM 1 GB dan media penyimpanan 8 GB.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 7.0 "Nougat" terbaru. Ada juga dukungan dual-SIM, baterai removable berkapasitas 950 mAh, slot kartu memori microSD, serta kamera 5 megapiksel dan 2 megapiksel.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Jumat (28/4/2017), Jelly akan menandai debutnya di situs urunan dana Kickstarter pada 30 April mendatang. Banderol harganya dipatok sebesar 79 dollar AS atau Rp 1,1 juta.

Baca: Ini Dia, Smartphone 4G Gratis Karya Anak Bangsa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com