Western Digital Luncurkan Harddisk "Helium" 12 Terabyte - Kompas.com

Western Digital Luncurkan Harddisk "Helium" 12 Terabyte

Oik Yusuf
Kompas.com - 29/04/2017, 14:15 WIB
Western Digital Hard disk Ultrastar He12.

KOMPAS.com - Kapasitas media penyimpanan harddisk dengan teknologi gas helium terus bertambah. Western Digital pekan ini meluncurkan produk harddisk "helium" berkapasitas 12 terabyte (12.000 gigabyte) di bawah brand HGST. Nama lengkapnya, Ultrastar He12.

HGST mulai mengembangkan harddisk berisi helium sejak beberapa tahun lalu melalui proses yang disebut HelioSeal. Gas tersebut diisi ke dalam ruang internal harddisk tempat piringan penyimpan data berada.

Gas helium yang memiliki micro-climate hanya 1/7 dari kepadatan udara biasa diklaim bisa memungkinkan piringan penyimpan data yang lebih tipis dan memperingan kerja lengan pembaca data.

Walhasil, hard disk helium pun diklaim bisa memiliki kapasitas dan kinerja yang lebih tinggi dibandingkan harddisk yang ruang internalnya berisi udara biasa.

"Ultrastar He12 memajukan portfolio HelioSeal Western Digital untuk menyajikan harddisk berukuran besar yang terdepan di industri dan memiliki efisiensi daya maksimal," sebut Senior Vice President of Devices Western Digital, Mark Grace, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Sabtu (29/4/2017).

Dibandingkan harddisk sekelas yang berisi udara biasa, harddisk helium kapasitasnya 50 persen lebih besar. Ultrastar He12 sendiri memiliki delapan buah piringan magnetik penyimpan data, namun konsumsi dayanya diklaim tetap efisien.

Ultrastar He12 tersedia dalam pilihan interface SAS 12 Gbps atau SATA 6 GBps. Harddisk yang ditujukan untuk kalangan enterprise ini memiliki mean time before failure (MTBF) selama 2,5 juta jam. Banderol harganya masih belum diumumkan. 

Baca: Harddisk 10 Terabyte Seagate Diisi Gas Helium

PenulisOik Yusuf
EditorDeliusno
SumberThe Inquirer,
Komentar
Close Ads X