Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperempat Populasi Dunia Sudah Pakai Facebook

Kompas.com - 04/05/2017, 16:15 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Di sela pengumuman pendapatan per kuartal Facebook, terungkap bahwa media sosial ini masih mengalami pertumbuhan jumlah pengguna. Bahkan total penggunanya saat ini sudah mencapai hampir seperempat total penduduk Bumi.

Jumlah pengguna aktif Facebook di seluruh dunia sekarang tepatnya mencapai 1,94 miliar orang per bulan. Jumlah tersebut setara dengan seperempat penduduk dunia. Jumlah total penduduk Bumi sendiri diperkirakan sekitar 7,5 miliar orang.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (4/5/2017), jumlah pengguna tersebut mengindikasikan peningkatan 17 persen dibandingkan kuartal pertama 2016 lalu.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg sendiri tampak khawatir akan pengaruh media sosialnya terhadap masyarakat. Masalahnya dengan pengguna mencapai miliaran orang, berbagai informasi negatif juga bisa menyebar dengan cepat.

Sebagai antisipasinya, Zuckerberg langsung mengumumkan bahwa perusahan sedang membuka lowongan untuk 3.000 orang moderator. Moderator ini nantinya kan bekerja membentengi Facebook dari berbagai konten negatif, gambar atau video bermuatan kekerasan dan sejenisnya.

Sementara itu dari sisi pendapatan, Facebook juga mencatat pertumbuhan besar. Raksasa media sosial itu berhasil memperoleh 8 miliar dollar AS atau setara Rp 106,600 triliun.

Angka pendapatan ini mencerminkan peningkatan sebesar 49 persen dibandingkan pendapatan pada kuartal pertama 2016 lalu.

Sedangkan keuntungan bersih yang diperoleh Facebook di kuartal pertama 2017 ini sebesar 3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 39,9 triliun. Keuntungan tersebut mengindikasikan peningkatan 76 persen dibanding kuartal serupa tahun lalu.

Baca: Cerita Blusukan Mark Zuckerberg, Makan Malam Menggunakan Piring Plastik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com