Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Membuat Vlog dengan Smartphone

Kompas.com - 04/05/2017, 20:02 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Membuat video blog (vlog) ternyata tak harus bermodal kamera DSLR atau mirrorless yang mahal. Menggunakan kamera smartphone pun sudah cukup.

Pasalnya kamera smartphone masa kini rata-rata sudah bisa merekam gambar dengan baik. Misalnya, menggunakan Samsung Galaxy S8 atau S8 Plus.

Dalam acara Gadget Story yang dihelat KompasTekno di The Hook Cafe, Rabu (3/5/2017), wartawan Kompas.com Fatimah Kartini Bohang berbagi tips merekam vlog menggunakan kamera smartphone. (Baca: Gadget Story Ajak Komunitas Oprek Galaxy S8)

“Jadi tidak perlu kamera mirrorless atau sejenisnya. Vlog itu bisa kok dibuat pakai kamera smartphone,” tutur Tini, panggilan akrabnya.

“Kuncinya adalah membuat video yang bagus, yakni merinci dan memperhatikan beberapa hal dalam proses pra-produksi, produksi, hingga post-produksi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Tini menjelaskan bahwa dalam hal pra-produksi seorang vlogger harus lebih dulu membuat perencanaan secara mendetail. Isi perencanaan ini mencakup flow chart, alur cerita yang ingin direkam (story board), daftar alat yang akan dipakai, serta lokasi dan waktu pengambilan gambar.

Selanjutnya dalam proses produksi, seorang vlogger sebaiknya menjadi dirinya sendiri. Tidak perlu berpura-pura atau melakukan sesuatu yang berbeda dengan kebiasaan.

“Misalnya saja Pita’sLife, seorang vlogger wanita yang menikah dan tinggal di luar negeri lalu merekam berbagai kegiatannya sebagai seorang ibu,” kata Tini.

“Atau contoh lainnya Cindercella yang membuat vlog tentang make up dan Agung Hapsah yang gaya membuat vlog-nya cinematik banget,” lanjutnya.

Kemudian pada proses post-produksi, vlogger mesti meramu kemasan videonya sedemikian rupa agar menarik penonton. Caranya bisa saja dengan menata kecocokan antara audio dengan visual, memilih transisi untuk tiap adegan, serta menambah teks dan emoticon.

“Intinya how to be smart dengan smartphone. Nge-vlog pakai Galaxy S8 pun bisa, karena smartphone ini punya kamera yang oke, ada optical image stabilizer-nya, dan ada stiker untuk ditambahkan ke vlog,” ujarnya.

“Jadi gak perlu modal mahal-mahal dengan peralatan, beli kamera mirrorless dulu atau Gorilla Pod dulu untuk vlog. Cukup dimulai dari kamera smartphone saja,” pungkasnya. (Baca: Beda Layar Galaxy S8 dari Smartphone Lain Tak Hanya soal Ukuran)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com