Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opera Klaim Bisa Pangkas Kuota Data Facebook

Kompas.com - 07/05/2017, 18:08 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Opera Max, aplikasi manajemen data internet khusus Android, baru saja mendapat pembaruan. Bertajuk Opera Max 3.0, aplikasi ini hadir dengan desain baru dan menjanjikan penghematan data internet yang cukup besar untuk berbagai layanan media sosial. 

“Dengan kehadiran versi terbaru, Opera Max akan menjadi teman pintar bagi Android Anda dengan memberikan kendali lebih besar atas penggunaan data dan privasi aplikasi. Fitur canggih itu sangat bermanfaat namun mudah digunakan dengan rancangan baru Opera Max 3.0,” ujar Kepala Opera Max di Opera, Sergey Lossev melalui keterangan resmi pada KompasTekno, Minggu (7/5/2017).

Salah satu layanan jejaring sosial yang dijanjikan bakal bisa dihemat datanya adalah Facebook.
Tidak tanggung-tanggung, Opera mengklaim penghematan data yang mampu diberikan oleh Max mencapai 50 persen.

Penggunaan fitur tersebut cukup mudah, yakni sentuh menu bertuliskan “Saving for Facebook” yang ada di dalam aplikasi Opera Max.

Setelah menyalakan fitur “Saving for Facebook” pengguna bakal diminta untuk log in ke akun miliknya melalui aplikasi web media sosial tersebut. Opera Max juga otomatis membuat ikon pemintas menuju aplikasi web ini di home screen smartphone.

Namun penghematan tersebut hanya berlaku untuk akses aplikasi web Facebook, bukan melalui aplikasi yang tersedia di Google Play Store.

Selain Facebook, Opera menjanjikan penghematan data sebesar 60 persen untuk Instagram, sekitar 50 persen untuk Pinterest, dan sebesar 40 persen untuk Line dan BBM.

“Data ibarat bahan bakar bagi kehidupan dunia maya saat ini. Namun, sebagian besar pengguna smartphone khawatir akan penggunaan data seluler yang berlebih karena biaya yang ditimbulkan,” kata Lossev.

Opera Max akan melaporkan jika ada ancaman keamanan dari luar sambil memberikan enskripsi data, misalnya ketika Anda berada di area Wi-Fi umum untuk memastikan informasi pribadi Anda terlindungi.

Silahkan kunjungi tautan berikut untuk mengunduh Opera Max 3.0 melalui Google Play Store.

Baca: Begini Browser Internet Masa Depan Menurut Opera

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com