Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Mudik Tahun Ini Menurut XL Axiata

Kompas.com - 09/05/2017, 11:15 WIB
Deliusno

Penulis

GIANYAR, KOMPAS.com - Indonesia bakal segera menyambut masa Ramadhan dan musim mudik Lebaran. Menurut operator seluler XL Axiata, musim mudik tahun 2017 akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun 2017 akan menjadi mudik digital," kata Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, dalam acara XL Axiata Media Gathering 2017 di Bali, Senin (8/5/2017).

Apa pula itu "mudik digital?" Menurut Yessie, perilaku pemudik mulai mengalami pergeseran ke arah digital. Semua aspek untuk mudik sudah dijalankan secara digital.

Sebagai contoh, penumpang pesawat mulai memilih untuk memesan tiket melalui online.

"Setelah itu, penumpang pesawat juga melakukan check in secara digital," ujar Yessie.

Tidak hanya bagi pemudik lewat pesawat saja mudik digital itu berlaku. Pemudik lewat jalur darat pun dikatakan bakal beralih ke mudik digital.

Bagi para pengemudi kendaraan, mudik digital bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi peta seperti Google Maps atau Waze.

Sedangkan bagi penumpang, wujud mudik digital berlaku untuk aplikasi hiburan. Yessie menyontohkan aplikasi Tribe untuk menonton, Yonder untuk memdengarkan musik, dam YouTube untuk menonton video.

Tidak berhenti sampai di situ, semua pemudik juga dijamin bakal meng-update status perjalanan mudik melalui media sosial atau aplikasi chatting.

"Intinya dari ujung ke ujung (awal hingga akhir perjalanan) mudik itu digital," tutur Yessie.

Baca: 1.000 Pedagang Pulsa Mudik Bareng XL

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com