Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Baterai Ponsel Snapdragon Penuh dalam 30 Menit?

Kompas.com - 09/05/2017, 16:49 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PC World

KOMPAS.com - Qualcomm memiliki teknologi pengisian baterai cepat bernama Quick Charge. Teknologi ini mulai diimplementasikan dalam ponsel-ponsel dengan chip Snapdragon besutannya sejak 2013 lalu.

Di 2016, Qualcomm mengumumkan teknologi Quick Charge generasi ke-4 yang rencananya bakal tertanam di chip high-end Snapdragon 835. Teknologi ini diklaim bisa mengisi daya baterai smartphone hingga 50 persen dalam waktu hanya 15 menit. Artinya, dalam setengah jam (30 menit) baterai ponsel sudah terisi penuh.

Tetapi kemudian, rencana ini tertunda dan tak muncul di sejumlah perangkat Snapdragon 835 yang sudah beredar seperti Galaxy S8 (versi Amerika Serikat).

Belakangan, muncul kabar bahwa Qualcomm bakal meresmikan kehadiran Quick Charge 4 sekitar pertengahan tahun ini. Tak dijelaskan ponsel mana saja yang bakal mendukung Quick Charge 4.

Qualcomm hanya mengklaim bahwa sudah ada sebanyak 600 juta perangkat yang menggunakan teknologi pengisian baterai cepat sebelumnya, Quick Charge 2 dan 3, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PC World, Selasa (9/5/2017).

Quick Charge 4 diklaim bisa mengisi baterai 20 persen lebih cepat dibanding Quick Charge 3 yang banyak dipakai oleh perangkat-perangkat flagship tahun lalu dari Sony, LG, HTC, dan Motorola.

Qualcomm mengatakan Quick Charge 4 yang memberikan pengisian baterai selama 5 menit sudah cukup untuk menyediakan talktime selama 5 jam.

Klaim-klaim di atas dengan asumsi ponsel memiliki kapasitas baterai 2.750 mAh. Ponsel-ponsel masa kini sudah mulai menggunakan baterai lebih tinggi dengan kapasitas 3.000 mAh ke atas.

Quick Charge 4 didesain untuk menyalurkan daya lewat port USB type-C yang memang mampu mengalirkan listrik lebih besar ke ponsel.

Baca: Ini Yang Bikin Chipset Smartphone Makin Kencang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber PC World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com