Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Tampang Fuchsia, OS Baru Penerus Android?

Kompas.com - 09/05/2017, 19:17 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Google disinyalir tengah mengembangkan OS baru bernama Fuchsia. Sistem operasi itu pertama kali muncul pada Agustus tahun lalu, masih berupa command line.

Belakangan, Fuchsia menampakkan diri dalam bentuk bocoran antarmuka sistem operasi (UI) berkodenama "Armadillo". Homescreen Fuchsia menampilkan kartu-kartu atau cards yang bisa digulir secara vertikal.

Di bagian tengah layar ada semacam tempat untuk foto profil pengguna, tanggal, nama kota, dan ikon baterai. Di atasnya terdapat kartu "stories" yang berfungsi seperti "recent apps" di Android.

Baca: Google Bikin Sistem Operasi Baru Bernama Fuchsia?

UI yang agaknya masih berupa prototipe ini juga mampu menampilkan interface split-screen dan tampilannya bisa diperbesar agar sesuai dengan layar tablet.

ArsTechnica Antarmuka Fuchsia berupa daftar yang bisa digulir secara vertikan dan berisi kartu serupa Google Now.
Berbeda dari Android dan Chrome OS sebelumnya, Fuchsia tak menggunakan kernel Linux, tapi microkernel baru bernama Magenta yang dikembangkan oleh Google.

Fuchsia berbasis kode open-source sehingga masih bebas diutak-atik. SDK yang digunakan adalah Google Flutter yang bisa dipakai menulis aplikasi Android dan iOS.

Dokumentasi Google yang dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica menyebutkan bahwa Magenta menyasar "ponsel dan PC modern dengan prosesor berkinerja tinggi".

Untuk saat ini masih terlalu awal untuk berspekulasi lebih jauh soal Fuchsia. OS baru tersebut mungkin masih butuh waktu bertahun-tahun lagi sebelum siap dilepas. Itu pun kalau benar akan dirilis.

Tapi tetap ada kemungkinan Fuchsia akan menjadi penerus Android atau Chrome OS. Android dulu juga bermula sebagai sistem operasi yang dikembangkan untuk kamera digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com