Pesan di Snapchat Kini Bisa Dilihat Selamanya - Kompas.com

Pesan di Snapchat Kini Bisa Dilihat Selamanya

Oik Yusuf
Kompas.com - 10/05/2017, 12:48 WIB
Snapchat Snapchat

KOMPAS.com - Pesan alias " Snap" dalam aplikasi ephemeral messaging Snapchat selama ini bisa dilihat selama 10 detik sebelum otomatis terhapus. Itu pula yang menjadi ciri khas dan pembeda Snapchat dari aplikasi messaging lain.

Namun, dalam sebuah update aplikasi terbaru yang dirilis Selasa kemarin, Snapchat menghilangkan batas waktu tersebut. Tiap Snap pun kini bisa dilihat "selamanya".

"Kita semua merasa frustrasi karena tidak bisa sepenuhnya menikmati sebuah Snap," tulis Snapchat dalam sebuah posting pengumuman.

"Kami ingin memberi Anda opsi agar penerima Snap bisa melihatnya selama yang mereka suka," imbuh Snapchat, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Business Insider, Rabu (10/5/2017).

"Selamanya" di sini dalam artian sebelum si penerima keluar dari thread percakapan. Begitu Snap ditutup, pesan itu akan terhapus secara otomatis seperti biasa.

Di masa-masa awalnya dulu, Snapchat mendapat reputasi sebagai aplikasi populer untuk "sexting" lantaran obrolan dan gambar bisa terhapus secara otomatis. (Baca: Snapchat, dari Foto Bugil hingga Perselingkuhan)

Business Insider Penayangan pesan Snap di Snapchat kini bisa dibuat tanpa batas waktu.
Seiring perjalanannya Snapchat memperkenalkan format baru bernama Stories berupa unggahan foto dan video yang bertahan selama 24 jam sebelum dihapus.

Fitur yang satu ini banyak ditiru oleh aplikasi-aplikasi kepunyaan Facebook, termasuk WhatsApp dan Instagram.

Selain memperpanjang waktu penayangan Snap hingga tanpa batas, Snapchat juga memperkenalkan sejumlah tool baru seperti kemampuan menggambar dengan emoji dan sebuah "magic eraser".

PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM