Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Luar China Tak Sanggup Bersaing

Kompas.com - 10/05/2017, 14:38 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - China merupakan pasar smartphone terbesar di dunia. Di sana para pemain lokal berjaya, sementara vendor smartphone asing kesulitan bersaing. Bahkan raksasa sebesar Samsung yang merupakan penguasa pasar smartphone nomor dua di dunia pun tak berkutik.

Pada kuartal pertama tahun lalu pangsa pasar Samsung di China masih 8,6 persen. Namun di kuartal pertama 2017 angkanya menurun jauh menjadi hanya 3,3 persen dengan pengapalan 3,5 juta unit, menurut laporan terbaru dari firma riset pasar Counterpoint Technology.

Dengan kata lain, dalam waktu satu tahun, pangsa pasar Samsung di China terpangkas lebih dari setengahnya (60 persen). Beberapa waktu sebelumnya, pada 2014, Samsung sempat menguasai 20 persen pasaran smartphone China.

Baca: Ini PR Vendor Smartphone China di Indonesia

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Model memamerkan Oppo F3 Plus dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (23/3/2017).
Pabrikan elektronik Korea Selatan itu tergilas merek-merek lokal China, yakni Oppo, Vivo, dan Huawei. Antara kuartal pertama 2016 dan kuartal pertama 2017, Oppo mencatat kenaikan shipment sebesar 81 persen di China.

Sementara, Vivo dan Huawei masing-masing mencatat kenaikan angka pengapalan sebesar 60 persen dan 20 persen di periode yang sama, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (10/5/2017).

"Oppo dan Vivo adalah dua brand yang paling cepat tumbuh, diikuti Huawei. Mereka menguasai posisi tiga besar (di China) sengan selisih yang makin jauh dari Apple, Xiaomi, dan Samsung," ujar Neil Shah dari Counterpoint Technology.

KOMPAS.com/Deliusno Vivo V5 Plus
Pengamat industri mengungkapkan bahwa smartphone bikinan vendor China bisa lebih laku di negeri sendiri lantaran harganya lebih terjangkau, menawarkan layanan aplikasi lokal yang lebih menyeluruh, dan memiliki jaringan distribusi lebih luas.

Oppo dan Vivo, misalnya, sukses mengincar pasaran ritel offline di daerah-daerah luar kota di China yang masyarakatnya masih belum terbiasa belanja online. Strategi ini berkebalikan dari Xiaomi yang mengandalkan jalur online dan masyarakat perkotaan.

Di China, smartphone Oppo kini bisa ditemukan di 240.000 toko ritel di seantero negeri. Jumlah toko yang menjual ponsel Vivo setidaknya setengah dari angka tersebut. Sementara, Xiaomi hanya memiliki beberapa ratus toko dan toko ritel Apple hanya berjumlah puluhan.

Baca: Apa Kesamaan Oppo, Vivo, dan OnePlus?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com