Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Ditegur KPPU, Indosat Lanjutkan Tarif Telepon Rp 1 Per Detik

Kompas.com - 10/05/2017, 18:31 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indosat Ooredoo masih terus menggelontorkan tarif telepon Rp 1 per detik. Dalam paket Freedom Combo 5.0 yang dirilis hari ini, Rabu (10/5/2017), tarif super murah itu dikatakan sebagai jawaban untuk kebutuhan masyarakat modern.

"Terlepas dari bonus kuota internet yang kami berikan, kami menyadari panggilan telepon masih dibutuhkan. Makanya kami tetap lanjutkan tarif Rp 1 per detik " kata CEO Indosat, Alexander Rusli saat ditemui di kantornya.

Padahal, tarif Rp 1 per detik itu sempat menuai kontroversi pada pertengahan 2016 lalu. Indosat disebut-sebut memicu perang tarif antar operator telekomunikasi, hingga akhirnya ditegur Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Baca: KPPU Akan Selidiki Dua Kasus Terkait Indosat Versus Telkomsel

Nyatanya Indosat tak jera. Menurut Alex, hal ini karena strategi tarif telepon Rp 1 per detik itu belakangan dicontek operator "sebelah".

"Sekarang semuanya sudah terapkan tarif begitu. Kecuali kalau kami sendiri, kami juga pikir-pikir," kata dia.

Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.com Kiri-kanan: Division Head Core Services & Bundle Offering Indosat, Sharif Mahfoedz; CEO Indosat Alexander Rusli; Division Head Content Proposition Indosat, Reginald Ghazaly.
Alex pun membantah jika Indosat dikatakan "membakar duit" dengan penawaran tarif super murah untuk telepon dan internet. Ia berkilah timnya meluncurkan produk dengan disertai riset mendalam atas kebutuhan pengguna dan potensi bisnisnya.

"Kami lihat batas kebutuhan pengguna seperti apa. Di satu sisi kami murahkan tarif tertentu, tapi kan ada juga yang normal. Jadi semuanya seimbang," ia menjelaskan.

Diketahui, paket Freedom Combo 5.0 yang baru dirilis memungkinkan pengguna mengakses aplikasi sehari-hari semacam WhatsApp, Line, BBM, Path, Twitter, Facebook, Go-Jek, dan Grab, tanpa memakan kuota utama.

Meski demikian, mekanisme ini tak serta-merta tanpa batas alias unlimited. Indosat mematok kuota dengan jumlah tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

"Kami nggak ngerti lagi kalau ada yang melewati batas kuota itu karena sangat besar sekali," ia berucap.

Selain itu, paket telepon Rp 1 per detik masih ada, begitu juga kuota khusus untuk streaming iFlix dan Spotify.

Baca: Bisa Dengar Musik Spotify di Aplikasi Waze

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com