Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Bikin Sensor "Mata" untuk Mobil Tanpa Sopir

Kompas.com - 11/05/2017, 08:07 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PC World

KOMPAS.com - Mobil tanpa sopir (swa-kemudi) yang dikembangkan oleh sejumlah perusahaan teknologi dibekali aneka macam sensor untuk membantu dalam pengenalan lingkunan sekitar, termasuk sensor kamera untuk membantu melihat hal-hal seperti rambu lalu-lintas.

Sensor kamera standar biasanya mengalami masalah flicker (efek kedipan) apabila melihat lampu LED karena perbedaan interval scanning sensor dan nyala lampu, seperti yang terjadi apabila sebuah kamera diarahkan ke layar televisi.

Masalah ini coba diatasi oleh Sony lewat sebuah sensor CCD baru bernama IMX390. Teknologi anti-flicker pada sensor tersebut diklaim bisa menangkap gambar rambu-rambu yang dilengkapi lampu LED dengan jelas.

Dengan "mata" yang dibekali sensor Sony IMX390 mobil swa-kemudi pun bisa diklaim bisa "melihat" sekelilingnya -terutama rambu-rambu- dengan lebih akurat.

Sensor yang bersangkutan turut dibekali teknologi HDR (high-dynamic range) untuk memperluas tangkapan rentang tonal sehingga mobil tetap mampu melihat jalan saat kondisi kontras tinggi.

Misalnya, ketika memasuki atau keluar dari terowongan di siang hari. Kemampuan tersebut penting untuk mobi swa-kemudi supaya bisa mengendalikan diri dengan benar di segala situasi.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PC World, Rabu (10/5/2017), selama ini biasanya sensor kamera untuk mobil hanya menyediakan salah satu teknologi saja, HDR atau anti-flicker. Sony IMX390 menggabungkan kedua fitur itu dalam satu sensor.

Sony rencananya akan mulai mengapalkan unit sampel dari sensor IMX390 pada Mei 2017. Belum jelas perusahaan mana saja yang tertarik memakai sensor buatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PC World


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com