Ada WhatsApp dan Facebook Messenger di Browser Opera Terbaru - Kompas.com

Ada WhatsApp dan Facebook Messenger di Browser Opera Terbaru

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 12/05/2017, 13:03 WIB
TechCrunch Sidebar berisi WhattApp dan Facebook Messenger di browser Opera

KOMPAS.com - Opera memasukkan WhatsApp dan Facebook Messenger ke dalam aplikasi browser buatannya. Kedua aplikasi pesan instan itu ada dalam pembaruan berkode Reborn yang baru saja dirilisnya.

“Browsing sekaligus mengobrol itu sulit dan tak efisien, karena Anda perlu berganti-ganti tab untuk menjawab pesan. Karena itu kami merilis Opera Reborn, yakni browser pertama yang menyatu dengan aplikasi pesan instan,” terang Ececutive Vice President of Desktop, Opera Software, Krystian Kolondra.

Pengguna yang sudah memiliki browser Opera di perangkat desktop-nya, cukup membukanya dan memasang pembaruan versi 45. Setelah selesai memasang pembaruan tersebut, matikan dan kembali nyalakan Opera.

Berikutnya, sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Next Web, Jumat (12/5/2017), akan muncul aplikasi WhatsApp dan Facebook Messenger di Sidebar Opera.

Untuk bisa menggunakan WhatsApp dan Facebook Messenger itu, pengguna cukup log in seperti biasa. Facebook Messenger bisa diakses dengan cara log in ke akun Facebook, sedangkan WhatsApp dengan cara memindai QR code untuk masuk ke WhatsApp Web.

Pengguna mesti memasang pin pada Sidebar agar kedua aplikasi pengiriman pesan itu tetap terbuka di browser Opera.

Hal menarik dari penyatuan kedua aplikasi tersebut adalah kemudahan untuk mengakses percakapan dan saling berkirim gambar dengan kawan.

Pasalnya, pengguna cukup mengklik file gambar lalu menggerakkan ke WhatsApp atau Facebook Messenger. Aplikasi pesan instan itu akan otomatis terbuka. Anda tinggal menjatuhkan gambar ke dalam kolom percakapan yang diinginkan dan mengirimnya.

Selain itu pembaruan ini dikabarkan juga mendukung aplikasi pesan instan Telegram. Namun pantauan KompasTekno, hingga saat ini baru WhatsApp dan Facebook Messenger saja yang ada di sidebar Opera terbaru.

Baca: Opera Klaim Bisa Pangkas Kuota Data Facebook

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X