Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Allo Bisa Sulap Foto "Selfie" Jadi Emoji

Kompas.com - 12/05/2017, 17:25 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Aneka ekspresi wajah dalam emoji biasanya hanya berupa template standar yang tampil sama. Bagaimana jika pengguna bisa mengubah foto wajah sendiri menjadi custom emoji yang berpenampilan unik?

Itulah yang ditawarkan Google lewat tambahan fitur baru di aplikasi chat Allo buatannya. Fitur ini menggunakan kombinasi teknologi "neural networks" dan seniman untuk menyulap selfie pengguna menjadi ilustrasi custom emoji atau stickers.

Cara menggunakannya mudah saja. "Tinggal jepret selfie dan (Allo) akan membuat ilustrasi wajah Anda secara on the fly. Ada juga opsi untuk melakukan modifikasi lebih lanjut sesuai kehendak," tulis Google dalam sebuah posting blog berisi pengumuman.

"Neural network" di belakang teknologi Allo adalah jaringan komputer yang dirancang agar beroperasi mirip dengan cara kerja otak manusia sehingga mampu mengenali wajah manusia dalam berbagai macam kondisi.

Ini diperlukan karena komputer vision tradisional hanya mampu "melihat" dengan menganalisis rangkaian pixel dari tangkapan kamera digital. Sementara, pengguna ponsel biasanya menjepret selfie dalam beraneka kondisi pencahayaan dan pose.

"Manusia bisa dengan mudah mengenali fitur kualitatif seperti warna mata, tapi ini tugas yang sangat kompleks untuk komputer. Saat seseorang melihat warna mata, mereka tak hanya membedakan warna piksel biru atau hijau, tapi juga mempertimbangkan konteks visual di sekitar," imbuh Google.

Google juga bekerja sama dengan tim seniman untuk membuat berbagai macam ilustrasi terkait, misalnya gambar gaya rambut. Komputer neural network lantas akan memasangkan ilustrasi dengan selfie yang cocok.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Jumat (12/10/2017), fitur custom emoji ini sudah tersedia di Google Allo untuk Android. Versi iOS dijanjikan akan segera menyusul.

Baca: Snowden: Jangan Pakai Google Allo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com