Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sound Plus, Speaker Soundbar Berdesain Tunggal Pertama Samsung

Kompas.com - 16/05/2017, 07:06 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - PT Samsung Electronics Indonesia mengklaim telah berhasil menguasai pasar audio untuk kategori soundbar di Tanah Air. Melanjutkan sukses tersebut, perusahaan tersebut merilis soundbar terbarunya yang dinamakan Samsung Soundbar Sound+.

Samsung merilis Soundbar Sound+ dalam dua model, yaitu HW-MS6500 dengan desain melengkung berwarna hitam dan HW-MS651 dengan desain lurus berwarna silver.

Seri ini sendiri merupakan speaker soundbar pertama Samsung yang hadir dalam desain tunggal. Memiliki tampilan yang minimalis, Soundbar Sound+ ini hadir dengan subwoofer tanam (built in) yang diklaim mampu menghasilkan dentuman bass yang lebih detail dan menyatu, serta tanpa distorsi suara.

"Kelebihan soundbar terbaru ini punya teknologi distortion cancelling, sehingga menghasilkan suara bass yang dalam, detail, dan menyatu. Kalau subwoofer yang terpisah kadang suka ada distorsi suara," kata Harris, Product Marketing Manager PT Samsung Electronics Indonesia, ketika memperkenalkan produk Soundbar Sound+ di Nusa Dua, Bali (15/5/2017).

Harris menjelaskan, kedua seri tersebut memiliki 9 speaker yang ditanam pada unit utama dengan dedicated amplifier pada setiap speaker.

HW-MS6500 dijual dengan harga Rp 8 juta. Sementara itu, tipe HW-MS651 dijual dengan harga Rp 6,5 juta.

Kompas.com/Lusia Kus Anna Samsung Soundbar Sound+ tipe HW-MS6500 dengan desain melengkung berwarna hitam.
Ringkas

Bentuk speaker yang ringkas, menurut Harris, semakin dicari konsumen. Keterbatasan tempat membuat home theater yang terdiri dari beberapa unit tak lagi diminati.

Berdasarkan survei yang dilakukan Samsung, konsumen kini tidak menginginkan subwoofer karena rak televisi yang sempit.

"Kalau harus ditambah subwoofer jadi makan tempat, tak ada space lagi setelah menaruh televisi," ujarnya.

Selain itu, konsumen juga lebih menyukai tampilan yang rapi dan tidak butuh banyak kabel. Mereka juga tidak ingin terlalu banyak remote untuk mengontrol perangkat hiburan di rumah.

"Samsung menawarkan aksesori one mount kit sehingga soundbar menempel pada QLED TV tanpa perlu melubangi dinding. Juga hanya butuh satu kabel ke colokan listrik karena soundbar dan TV sudah terhubung satu kabel power baru colokan ke listrik," katanya.

Harris mengaku optimis dengan produk audio ini. Konsumen yang sudah memiliki televisi kelas premium tentu tidak menginginkan kualitas audio yang juga mumpuni.

"Di Indonesia tumbuh dua kali lipat karena pasarnya memang lebih lambat dibanding negara Asia Tenggara. Namun, potensinya sangat besar karena pemain lain kurang serius untuk kategori soundbar," katanya.

Baca: Samsung Rilis Speaker HW-K950 di Indonesia, Dijual Seharga Motor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com