7 Tips Bikin Foto Perjalanan Keren ala Instagram - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Daihatsu

7 Tips Bikin Foto Perjalanan Keren ala Instagram

Dimas Wahyu, Aningtias Jatmika
Kompas.com - 17/05/2017, 08:03 WIB
ThinkStock ILUSTRASI - Anak-anak berwisata di pantai

KOMPAS.com - Instagram sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari foto perjalanan. Foto- foto tempat wisata, aktivitas bersama rekan perjalanan, hingga kendaraan yang digunakan, bisa terabadikan semuanya di media ini.

Lebih jauh, seperti yang kerap muncul di media sosial tersebut, tentu akan menjadi kepuasan tersendiri jika foto- foto perjalanan ini memiliki keindahan dari segi fotografi.

Bagaimana caranya agar foto- foto perjalanan kita bisa Instagramable?

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti dilansir dari Huffington Post dalam artikel “29 Instagram Hacks From People Who Take Really Good Photos”.

1. Fokus pada obyek foto

Simone Bramante, seorang fotografer Italia, menekankan bahwa, daripada mengambil puluhan foto kemudian memilih salah satu yang terbagus, lebih baik Anda meluangkan sedikit waktu untuk benar-benar memperhatikan obyek foto demi mendapatkan sudut (angle) terbaik.

Selain itu, ada baiknya Anda mengambil foto obyek, misalnya kendaraan Anda, dari jarak dekat. Hal ini bisa membuat obyek terasa intim dan memiliki keterikatan emosi dengan Anda. Dalam hal ini, mobil memang menjadi “teman setia” sekaligus bagian dari cerita perjalanan Anda, kan?
 
2. Nyalakan fitur grid

Kekuatan dan keindahan obyek akan semakin terlihat jika diletakkan di bagian yang tepat sehingga terkomposisi dalam sebuah foto. Oleh sebab itu, nyalakan fitur grid (garis bidik kotak-kotak) agar keselarasan obyek-obyek yang akan masuk dalam foto bisa terukur.

3. Pencahayaan

Pencahayaan menjadi faktor kunci dalam sebuah foto, demikian dikatakan Margaret Zhang, fotografer profesional dari Australia.

Gunakan pencahayaan senatural mungkin sehingga foto kendaraan terlihat bagus dan tidak berlebihan.

Shutterstock Berwisata dengan mobil

Namun, jangan takut untuk "bermain cahaya". Misalnya, Anda bisa menggunakan lampu jalan atau cahaya matahari untuk membantu menampilkan efek yang menarik pada mobil Anda.

Jangan ragu juga untuk mengambil foto dalam cuaca buruk sekalipun. Dalam cuaca berkabut, hujan, atau salju, gambaran mobil akan menampilkan nuansa yang berbeda.
 
4. Ekplorasi sudut yang berbeda

Obyek foto akan menampilkan keindahan yang berbeda jika diambil dari sudut yang berbeda. Mike Kus, fotografer asal Inggris, menyarankan untuk mengambil foto dari sudut pandang yang tak biasa.

Obyek yang secara kasatmata tak menarik bisa jadi justru menampilkan gambaran yang luar biasa saat diambil dari sudut pandang yang tak biasa itu.

5. Gunakan aksesori tambahan

Ketimbang mengedit foto secara berlebihan, lebih baik Anda menggunakan aksesori tambahan di kamera, baik kamera ponsel, maupun kamera DSLR. Misalnya, pada kamera ponsel, Anda bisa menambahkan lensa wide sehingga bisa menampilkan gambaran utuh kendaraan Anda berikut latar belakang saat di perjalanan.
 
6. Satu kata berjuta makna

Tak bisa dimungkiri, kekuatan sebuah foto yang diunggah di media sosial tak lepas dari keterangan (caption) yang melekat pada foto tersebut. Keterangan foto menjadi bagian yang penting karena akan membuat follower Anda punya informasi lebih soal foto yang Anda unggah dan ini memberikan daya tarik lebih.

Bahkan, tak jarang follower akan memberikan like jika caption pada sebuah foto sesuai dengan perasaan atau pengalaman mereka. Lirik lagu, penggalan puisi, atau kutipan dari tokoh terkenal pun sering kali memperkuat daya tarik foto yang diunggah.
 
7. Warna yang cerah

Foto dengan obyek berwarna cerah dengan garis dan sudut yang jelas akan memiliki kekuatannya tersendiri jika diunggah di Instagram. Contohnya, jika mobil Anda adalah New Astra Daihatsu Ayla yang kini punya varian warna oranye (Orange Metallic).

Donny A/KompasOtomotif Tampilan Ayla terlihat lebih segar dengan pilihan mesin baru, 1.2L.

Meski berstatus mobil murah atau low cost green car (LGCC), Ayla terbaru kini dihadirkan dengan warna-warna baru yang cerah. Selain oranye, ada pula Red Solid, Classic Silver Metallic, Icy White Solid, Ultra Black Solid, dan Dark Grey Metallic.

Dengan warna-warna yang terasa lebih "fun" ini, foto perjalanan Anda, yang menampilkan kendaraan sebagai obyeknya, tentu akan semakin Instagramable.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisDimas Wahyu, Aningtias Jatmika
EditorLatief
Komentar