HTC Rilis U11, Android yang Bisa "Diremas" - Kompas.com

HTC Rilis U11, Android yang Bisa "Diremas"

Deliusno
Kompas.com - 17/05/2017, 09:52 WIB
HTC HTC U11

KOMPAS.com - HTC resmi memperkenalkan smartphone berbasis Android U11. Ini merupakan smartphone flagship terbaru dan juga penerus dari HTC 10 yang dirilis tahun lalu.

HTC U11 memiliki fitur yang cukup unik. Pengguna bisa "meremas" perangkat tersebut untuk menjalankan beberapa fungsi, seperti menyalakan kamera atau mengambil foto.

Cara kerja fungsinya seperti ini. HTC U11 dibekali dengan sebuah fitur bernama Edge Sense. Fitur tersebut merupakan sensor yang diletakkan di tepi kiri dan kanan layar.

Nah, sensor tersebut dapat mendeteksi seberapa kuat genggaman dari pengguna. Sebagai contoh, saat "diremas" dalam waktu tertentu, perangkat secara otomatis bisa menjalankan fungsi tertentu.

Menariknya, fungsi tersebut dapat diatur sendiri oleh pengguna. Misalnya, ketika "meremas" dalam waktu 3 detik, kamera akan menyala. Atau ketika digenggam dengan kuat dalam waktu 5 detik, lampu flash akan menyala.

Selain itu, seperti smartphone Android keluaran tahun 2017 lainnya, HTC U11 akan dibekali dengan fitur asisten digital Google Assistant. Untuk beberapa pasar tertentu, HTC bahkan melengkapinya dengan asisten digital Amazon Alexa.

Ya, perangkat ini dibekali dengan dua asisten digital sekaligus, meski di pasar tertentu.

Android Central HTC U11

HTC U11 memiliki layar Super LCD 5 berbentang 5,5 inci yang mendukung resolusi QHD. Layar itu masih dilindungi lagi dengan kaca Gorilla Glass 5.

Dari segi "jeroan", sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSMArena, Rabu (17/5/2017), HTC U11 dilengkapi dengan spesifikasi kelas atas. Pengguna akan menemukan chipset Snapdragon 835, lengkap dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan 64 GB. Bahkan, di luar AS, produk ini hadir dengan versi RAM 6 GB dan media penyimpanan 128 GB.

Dari segi kamera, HTC menggunakan teknologi UltraPixel 3 dengan sensor 12 megapiksel. Teknologi yang ada di kamera tersebut seperti aperture F/1.7, OIS, ukuran micron pixel 1,4, dual LED flash, dan kemampuan merekam video 4K.

Di bagian depannya ada kamera 16 megapiksel yang mampu merekam video 1080p dan juga selfie panorama.

Selain itu, HTC U11 dilengkapi port USB Type-C, bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11ac, NFC, GPS, GLONASS, IP67, dan baterai 3.000 mAh. Tidak ada port audio 3,5 mm di perangkat ini.

HTC U11 sendiri dijual dengah harga yang cukup tinggi, yakni 749 euro atau sekitar Rp 11 juta. Belum diketahui apakah HTC U11 akan masuk Indonesia atau tidak.

Baca: HTC Berhenti Bikin Ponsel Murah

PenulisDeliusno
EditorReska K. Nistanto
SumberGSM Arena,

Komentar
Close Ads X