Review: Vivo V5 Plus, Ponsel Berkamera Ganda untuk Selfie Ciamik Halaman 1 - Kompas.com

Review: Vivo V5 Plus, Ponsel Berkamera Ganda untuk Selfie Ciamik

Deliusno
Kompas.com - 17/05/2017, 11:17 WIB
KOMPAS.com/Deliusno Vivo V5 Plus

KOMPAS.com - Awal Februari 2017, Vivo resmi merilis smartphone terbarunya, Vivo V5 Plus, di Indonesia. Smartphone berbasis Android ini adalah versi lebih canggih dari V5 yang dirilis beberapa bulan sebelumnya.

Vivo V5 Plus masih menggunakan formula strategi marketing yang sama dengan V5m yakni mengusung kemampuan selfie yang diklaim mumpuni bagi penggunanya.

Untuk mengakomodir kemampuan selfie tersebut, Vivo V5 Plus menggunakan konfigurasi yang tidak biasa, yakni  hadir dengan dua kamera atau kamera ganda di bagian depan.

Kamera ganda itu terdiri atas kamera utama 20 megapiksel dan kamera sekunder 8 megapiksel. Pertanyaannya, untuk apa V5 Plus hadir dengan kamera ganda? Dengan konfigurasi ini, layakkah ia menyandang tagline "Perfect Selfie"?

Selain itu, kamera belakang dari Vivo V5 Plus memiliki sensor sebesar 16 megapiksel, sedikit lebih kecil dari kamera 20 megapiksel di bagian depan. Pertanyaan selanjutnya, dengan sensor tersebut, apakah kamera belakang V5 Plus dapat mengambil gambar yang mumpuni?

Vivo memposisikan V5 Plus sebagai produk di segmen menengah. Ia menggunakan chipset Snapdragon 625 dari Qualcomm yang dikombinasikan dengan RAM 4 GB. Bagaimana dengan kinerjanya?

Vivo V5 Plus hadir selama beberapa pekan di ruang redaksi Kompas.com. Simak pengalaman KompasTekno menggunakannya dalam ulasan berikut!

Desain

Sama seperti kebanyakan smartphone yang beredar belakangan ini, Vivo V5 Plus menganut desain unibody. Itu artinya penutup belakang tidak bisa dibuka untuk mengakses baterai.

KOMPAS.com/Deliusno Tampilan depan Vivo V5 Plus

Secara sepintas Vivo V5 Plus memiliki desain yang mirip dengan iPhone 7. Sudut melengkung di setiap tepiannya begitu mirip. Bahkan, Vivo V5 Plus mengadopsi desain garis antena yang mepet ke tepian atas dan bawah casing.

Materi bodi dan rangka smartphone yang dipakai menggunakan bahan logam. Penggunaan material tersebut membuat perangkat ini terkesan seperti produk premium. Meskipun begitu, permukaan bagian belakang Vivo V5 Plus terasa sangat licin dan mudah tergelincir dari genggaman tangan.

KOMPAS.com/Deliusno Bagian belakang Vivo V5 Plus

Untungnya, Vivo membekali paket penjualan V5 Plus dengan aksesori casing yang membuatnya lebih enak digenggam.

Vivo V5 Plus hadir dengan layar 5,5 inci yang mendukung resolusi Full HD 1080p. Layarnya yang cukup besar berkontribusi terhadap dimensi perangkat yang jadi jumbo pula. Pengguna yang memiliki tangan kecil tentunya bakal kesulitan untuk menggenggam perangkat dengan satu tangan.

Di bagian atas layar, terdapat dua lensa kamera ganda. Sementara itu, dibagian bawah terdapat tombol home yang juga dapat difungsikan sebagai sensor pemindai sidik jari.

KOMPAS.com/Deliusno Kamera selfie ganda di bagian depan

KOMPAS.com/Deliusno Tombol home yang juga bisa difungsikan sebagai pemindai sidik jari

Di sisi kiri, terdapat tray SIM card yang dapat diisi dengan dua kartu bertipe nano SIM. Laci tersebut tidak bisa difungsikan sebagai slot untuk kartu memori micro-SD. Pengguna tepaksa hanya mengandalkan media internal untuk menyimpan data

Namun, Vivo V5 Plus sebenarnya sudah dibekali media penyimpanan yang cukup besar, mencapai kapasitas 64 GB.

KOMPAS.com/Deliusno Bagian kiri Vivo V5 Plus

Di bagian kanan, terdapat tombol fisik lainnya, yakni pengaturan volume dan power. Sedangkan di bagian bawah terdapat port microUSB, port headphone, dan speaker.

KOMPAS.com/Deliusno Bagian kanan terdapat tombol fisik

KOMPAS.com/Deliusno Bagian bawah Vivo V5 Plus

Seperti biasa, di bagian belakang terdapat kamera dan logo Vivo.

KOMPAS.com/Deliusno Kamera utama Vivo V5 Plus

Dimensi fisik dari Vivo V5 Plus tercatat sebesar 152,6 x 74 x 7,4 mm. Bobotnya sekitar 158,6 gram.

Dalam paket penjualannya, selain perangkat dan casing, terdapat charger, kabel data, dan headset. Menariknya, Vivo juga menyediakan aksesori pelindung layar (di Indonesia lebih dikenal dengan istilah anti-gores), lengkap dengan lap microfiber untuk membersihkan layar.

KOMPAS.com/Deliusno Aksesori yang dihadirkan cukup lengkap

Pengguna dijamin sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari aksesori yang satu ini. Hanya saja, memasang aksesori yang satu ini ke layar butuh kesabaran tingkat tinggi.

Penasaran dengan kinerja VIvo V5 Plus? Silakan lanjut membaca ke halaman berikutnya.

Page:
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisDeliusno
EditorOik Yusuf
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM