Apa yang Bakal Diumumkan Google di Ajang I/O Malam Nanti? - Kompas.com

Apa yang Bakal Diumumkan Google di Ajang I/O Malam Nanti?

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 17/05/2017, 12:31 WIB
Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com Suasana pengambilan badge Google I/O 2017 di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, AS.

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Para developer dan pecinta teknologi alias tech-savvy dari seluruh belahan dunia bakal kembali “berpesta” di ajang Google I/O 2017.

Acara berlangsung mulai Selasa (16/5/2017) pukul 10.00 waktu setempat atau Rabu (17/5/2017) menuju Kamis (18/5/2017) dini hari WIB.

Masih seperti tahun lalu, Google I/O dihelat di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, Palo Alto, AS. Jaraknya sekitar 10 menit jika berjalan kaki dari Kantor Pusat Google.

Tahun ini, KompasTekno kembali mendapat kesempatan menghadiri langsung ajang tahunan tersebut.

Jurnalis KompasTekno, Fatimah Kartini bakal melaporkan hajatan tahunan ini langsung dari markas Google. Lantas, apa saja yang hendak diumumkan dalam Google I/O 2017?

Peresmian Android O

Seperti yang sudah-sudah, Google I/O menjadi momentum bagi Google untuk memperkenalkan sistem operasi teranyarnya. Setelah versi Nougat, Android berikutnya akan diawali dengan huruf “O”.

Banyak yang menduga kepanjangan dari “O” adalah “Oreo”, terlebih setelah VP Android yang bernama Hiroshi Lockheimer memperkuat dugaan itu melalui sebuah kicauan di Twitter pada Februari lalu.

Baca: Oreo Bakal Jadi Nama OS Android Berikutnya?

Ia mengunggah GIF yang memperlihatkan Oreo Cake. Namun, hal itu baru dugaan sementara yang belum terverifikasi kebenarannya. Google agaknya masih menyimpannya sebagai kejutan.

Android O sendiri sudah dirilis dalam versi developer pada pertengahan Maret lalu. Meski belum sempurna, Android O versi beta membawa peningkatan dalam segi performa baterai, personalisasi antarmuka, dan beberapa fitur tambahan.

Internet of Things dan Machine Learning

Selain kehadiran sistem operasi Android, berbagai inovasi dan proyek Google yang masih digodok dan belum dirilis di pasaran juga akan diumbar dalam Google I/O.

Jika merujuk pada jadwal yang sudah bisa diakses melalui situs ini, rel="nofollow" Google agaknya akan banyak membahas soal Internet of Things (IoT) dan Machine Learning (ML).

Ada sesi khusus yang membahas soal migrasi dari ponsel Android ke mobil berteknologi Android, implementasi Google Assistant untuk berbagai aplikasi dan perangkat, hingga fitur-fitur baru khusus untuk pengguna di negara-negara berkembang, atau diistilahkan “Next Billion Users”.

Semuanya akan dikupas dalam bentuk workshop, penjajalan langsung pada sesi Sandbox, serta diskusi dengan para ahli pada sesi Codelab. Di penutup hari, akan ada hiburan dari beberapa band kawakan.

Untuk mengetahui apa saja inovasi dan proyek terbaru Google, pantau terus berita terbaru dari KompasTekno.

Baca: Google Rilis Android O Versi Pengembang, Seperti Apa?

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X