Google Umumkan Galaxy S8 Bakal Kebagian "Daydream" - Kompas.com

Google Umumkan Galaxy S8 Bakal Kebagian "Daydream"

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 18/05/2017, 06:53 WIB
Google Blog Headset VR, Daydream View

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Satu lagi smartphone yang bakal menjadi bagian dari ekosistem Virtual Reality (VR) Google Daydream, yakni Samsung Galaxy S8.

Hal tersebut diumumkan VP Virtual Reality Google, Clay Bavor, dalam ajang kumpul developer Google I/O, Rabu (17/5/2017), di Mountain View, Amerika Serikat.

“Pengguna Galaxy S8 akan segera bisa menikmati Daydream melalui pembaruan software,” kata dia di atas panggung keynote, seperti dilaporkan jurnalis KompasTekno Fatimah Kartini.

Belum ada tanggal pasti yang disebut, namun ancang-ancangnya Google Daydream akan hadir di Samsung Galaxy S8 pada pertengahan tahun ini.

Dengan ini, pengguna Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus bisa mengakses sekitar 150 aplikasi VR yang tersedia di Google Daydream. Tampilan visual VR-nya pun diklaim lebih halus dan memiliki latensi rendah alias low-latency.

Baca: Google Bikin Ekosistem VR Daydream di Android N

Namun, perlu diketahui bahwa pemanfaatan Google Daydream tak cukup dengan seperangkat smartphone saja. Pengguna Galaxy S8 harus memiliki headset VR yang dinamai Google DayDream View sebagai penyokong.

Pada dasarnya, Google Daydream memang merupakan platform untuk VR pada tiga sektor, tak cuma di smartphone tapi juga headset dan controller. Google memperkenalkannya tahun lalu di ajang Google I/O 2016.

Google Daydream kemudian dirilis resmi sekitar enam bulan lalu dan hadir di perangkat yang sangat terbatas. Saat ini, baru delapan smartphone di pasaran yang kompatibel atau bisa disebut “Daydream-ready”.

Masing-masing adalah Google Pixel, Google Pixel XL, Moto Z, Moto Z Force, Huawei Mate 9 Pro, Huawei Mate 9 Porsche Design Edition, ZTE Axon 7, dan Asus Zenfoen AR. Samsung Galaxy S8, dan Samsung Galaxy S8 Plus bakal menandai 10 besar smartphone yang “Daydream-ready”.

Namun, per akhir tahun ini, agaknya jumlah itu akan bertambah menjadi 11 smartphone. Pasalnya, LG telah mengonfirmasi bahwa flagship berikutnya bakal “Daydream-ready”, namun belum diungkap serinya.

Eksklusivitas Google Daydream bukan tak berdasar. Pasalnya, untuk menjamin standar kualitas VR yang baik, ada syarat yang harus dipenuhi sebuah smartphone. Selain dari segi spesifikasi penunjang performa seperti RAM dan prosesor yang mumpuni, komponen seperti resolusi bentang layar pun perlu diperhatikan.

Agaknya Samsung Galaxy S8 sudah memenuhi semua kriteria Google Daydream. Kita tunggu saja realisasinya dalam beberapa bulan ke depan.

Baca: Mengenal Teknologi Bixby dan Pengenal Wajah di Galaxy S8

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X