Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Populasi Android Lampaui Angka 2 Miliar

Kompas.com - 18/05/2017, 08:50 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Populasi Android kembali menanjak. Pekan ini, sistem operasi untuk gadget mobille itu sudah terpasang di lebih dari 2 miliar perangkat aktif.

Hal tersebut diumumkan oleh CEO Google Sundar Pichai saat berbicara dalam keynote konferensi Google I/O hari Rabu kemarin di Mountain View, AS.

Angka tersebut naik cukup jauh dari delapan bulan lalu, saat populasi Android tercatat baru menyentuh kisaran 1,4 miliar perangkat.

Tingginya jumlah device Android sebenarnya tak mengejutkan karena sang robot hijau paling banyak dipakai oleh aneka macam perangkat mobile yang beredar di dunia.

Pangsa pasar Android, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Kamis (18/5/2017), pada November 2016 tercatat mencapai 88 persen.

Sementara itu sistem operasi mobile terpopuler kedua, iOS besutan Apple untuk gadget iPhone dan iPad, hanya mendapat porsi 12,1 persen.

Android pun bukan satu-satunya properti Google yang memiliki basis pengguna berjumlah besar.

Raksasa internet tersebut punya tujuh produk dengan jumlah pengguna melebihi 1 miliar, yakni Google Maps, YouTube, Chrome, Google Maps, Gmail, Search, dan Google Play.

Pengguna Android mengunduh 82 miliar aplikasi sepanjang 2016, sementara YouTube memutar video selama 1 miliar jam setiap harinya.

Baca: Google Luncurkan Android Go, Nyawa Baru untuk Ponsel Pas-pasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com