Lebaran Tahun Ini, Telkomsel Bisa Layani Data 1,6 Terabyte Per Detik - Kompas.com

Lebaran Tahun Ini, Telkomsel Bisa Layani Data 1,6 Terabyte Per Detik

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 18/05/2017, 12:56 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan di acara uji jaringan Telkomsel di Malang, Kamis (17/5/2017).

MALANG, KOMPAS.com - Telkomsel memprediksi bahwa pada hari raya idul fitri 2017 akan terjadi lonjakan traffic data. Sebagai antisipasi, perusahaan telekomunikasi pelat merah itu bakal meningkatkan kapasitas data di jaringannya.

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan prediksi lonjakan payload atau penggunaan data oleh pelanggan kemungkinan naik hingga 115 persen dibandingkan hari raya Idul Fitri tahun lalu. Pemakaian data internet pada lebaran tahun ini bakal mencapai 5,8 TB.

"Untuk antisipasi kenaikan pemakai data itu kami meningkatkan kapasitas yang bisa ditampung sampai 1.687 GB per detik atau 1,6 TB per detik," terang Bob di sela Uji Jaringan Telkomsel 2017 di Malang, Kamis (18/5/2017).

"Kenaikan tahun ini pada layanan data. Sedangkan pemakaian layanan voice turun 10,3 persen dan SMS turun 16 persen," imbuhnya.

Selain menambah kapasitas data, Telkomsel juga menyiapkan sejumlah tambahan base transceiver station (BTS) untuk memastikan pelanggan tetap mendapat sinyal.

"BTS yang kami siapkan di hari raya Idul Fitri 2017 itu terbagi jadi dua, yakni 3G ada 614 unit dan 4G ada 1376 unit. Kami juga siapkan BTS mobile 89 unit jika sewaktu-waktu diperlukan," terang Bob.

Saat ini Telkomsel juga tengah melakukan drive test untuk menguji penambahan jaringan yang sudah disiapkan itu. Pengujian jaringan dilakukan di Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi.

Baca: Telkomsel Tanggapi Protes Hacker yang Bilang Tarif Internet Mahal

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM