Pelanggan Uber Motor Kini Bisa Pilih Driver yang Ada di Dekatnya - Kompas.com

Pelanggan Uber Motor Kini Bisa Pilih Driver yang Ada di Dekatnya

Oik Yusuf
Kompas.com - 19/05/2017, 20:16 WIB
Uber Layanna ojek Uber Motor dari Uber.

KOMPAS.com - Pernah tak sabar menunggu ojek pesanan datang, sementara di sekitar sebenarnya banyak ojek yang sedang menunggu panggilan? Uber si penyedia layanan transportasi online rupanya melihat peluang dari situasi tersebut dan meluncurkan fitur baru bernama Hop-on.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk langsung menyewa Uber Motor manapun yang ada di depan mata, tanpa perlu memesan lebih dulu menggunakan aplikasi, dan menunggu driver datang.

Caranya, sebagaimana diterangkan dalam video penjelasan yang diunggah Uber Indonesia ke akun Twitternya di @Uber_IDN, adalah sebagai berikut. 

Buka aplikasi Uber, ketik destinasi, pilih “Uber Motor”, pilih metode pembayaran (tunai atau kartu kredit), tekan “pesan”, lalu yang paling penting tekan pilihan “Hop-on” yang muncul di layar berikut.

Sebuah PIN 6-digit akan ditampilkan di layar. Selanjutnya, pengguna cukup menunjukkan PIN ini ke pengemudi Uber Motor terdekat.

Setelah pengemudi memasukkan PIN, perjalanan bisa langsung dimulai. Pembayaran dengan uang tunai bisa dilakukan di akhir perjalanan seperti biasa.


Customer Communications Lead Uber Indonesia, Novita Sari mengungkapkan fitur Hop-on sudah tersedia untuk semua pengguna Uber di Jakarta.

“Sebenarnya (Hop-on) sudah mulai sejak minggu lalu. Pengguna Uber di Android dan iOS tinggal memperbarui aplikasinya ke versi terbaru,” ujar Novita ketika dihubungi oleh KompasTekno, Jumat (19/5/2017).

Bisa lewat SMS

Selain itu, fitur Hop-on juga bisa dipakai oleh pemilik smartphone yang tidak memiliki aplikasi Uber, alias bukan pengguna Uber. Caranya adalah dengan mengirimkan SMS ke nomor 2000 dengan format sebagai berikut:

UBER<SPASI>NOMOR PONSEL

Sebagai contoh, UBER 089912345678. Lalu, kirimkan ke nomor 2000. Sebuah tautan ke laman internet Uber akan dikirimkan via balasan SMS dari nomor 2000. Tautan ini harus di-klik untuk mendapatkan nomor PIN.

Kemudian, nomor PIN tadi diperlihatkan ke driver Uber Motor terdekat untuk dimasukkan ke dalam aplikasi.

Driver akan menanyakan tujuan, lalu mencarinya lewat aplikasi (di ponsel milik driver) untuk mendapatkan informasi rute dan tarif. Setelah tarif disepakati, perjalanan bisa langsung dimulai.

Uber Prosedur Hop-on Uber Motor lewat SMS. Dimulai dengan mengirim SMS ke nomor 2000 untuk mendapatkan reply berupa tautan ke laman internet Uber yang berisi nomor PIN. Nomor PIN ini lantas diperlihatkan ke pengemudi Uber Motor terdekat. Pengemudi akan menanyakan tujuan dan melakukan input di aplikasi miliknya untuk mendapatkan informasi rute dan tarif. Pembayaran bisa dilakukan secara tunai.

“Kalau untuk Hop-on lewat SMS ini hanya berlaku pembayaran tunai,” kata Novita, sambil menambahkan bahwa tidak ada pembatasan lokasi untuk pemakaian fitur Hop-on Uber Motor.

“Tidak terbatas hanya di tempat umum saja. Tapi kalau di daerah yang ramai biasanya memang lebih banyak driver-nya,” pungkas dia.

Baca: Uber Bakal Permudah Pengguna yang Ingin Hapus Akun

PenulisOik Yusuf
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X