Menguji Internet Telkomsel di Jalur Mudik Surabaya-Malang - Kompas.com

Menguji Internet Telkomsel di Jalur Mudik Surabaya-Malang

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 20/05/2017, 11:12 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Aplikasi Nperf menunjukkan kecepatan internet Telkomsel di Pandaan, Pasuruan mencapai 29,33 Mbps.

MALANG, KOMPAS.com - Telkomsel memasang 4G untuk menyelimuti keseluruhan jalur mudik antara Surabaya dan Malang. Seberapa cepat koneksi internet tersebut di sana?

Saat menyusuri jalur tersebut bersama rombongan media dan tim persiapan Telkomsel Ramadhan-Idul Fitri (RAFI) 2017, KompasTekno juga melakukan pengujian sendiri.

Pengujian tersebut menggunakan aplikasi Nperf dan memakai koneksi yang ada untuk tethering, berkirim pesan, bermain game, serta menjelajah web dan media sosial. Smartphone yang kami gunakan adalah LG G6.

Pada pengujian kami, saat berada di sekitar Jalan Raya Juanda, aplikasi Nperf menunjukkan kecepatan download 4G Telkomsel mencapai 2,91 Mbps dan upload 7,65 Mbps. Ini merupakan kecepatan terendah yang muncul dalam pengujian.

Meski demikian Instagram, Path dan Facebook masih bisa dibuka dengan lancar. Streaming YouTube dan menjelajah internet menggunakan peramban Chrome pun bisa dilakukan dengan lancar.

Baca: Upaya Telkomsel Jaga Sinyal Pemudik Lebaran 2017

Di Jalan Tol Surabaya-Gempol yang masuk dalam kawasan Sidoarjo, Nperf menunjukkan kecepatan internet 4G yang tak jauh berbeda. Download pada 4,47 Mbps dan upload pada 13.05 Mbps.

Selepas Gempol, tepatnya di sekitar Warung Bebek Sinjay, Kecamatan Pandaan, Pasuruan, kecepatan 4G tersebut tembus 29,33 Mbps pada download dan 23,42 Mbps pada upload.

Sementara itu di kawasan Batu Town Square, Malang, Nperf menunjukkan bahwa kecepatan download 4G Telkomsel mencapapi 20,86 Mbps dan upload mencapai 12,60 Mbps.

screenshot Aplikasi Nperf

Hal menarik dalam pengujian jalur mudik Surabaya-Malang ini adalah Telkomsel memastikan bahwa seluruh jalur sudah diselimuti oleh koneksi internet 4G. Selama pengujian pun koneksi internet yang diperoleh adalah 4G, tidak turun ke 3G.

“Sepanjang jalur bandara Juanda, Surabaya hingga Batu, Malang sudah di cover 4G LTE seamless. Jadi pelanggan di jalur itu akan terus mendapatkan koneksi 4G. Hasil pengujian kami koneksi 4G itu sudah bekerja dengan baik dengan nilai 99 persen,” terang Ketua Tim Telkomsel RAFI 2017, Andrias Indra dalam Uji Jaringan Telkomsel 2017, Kamis (18/5/2017).

“Soal pengujian layanan suara atau panggilan telepon pun menunjukkan hasil yang baik. Tingkat kesuksesan panggilan suara 100 persen. Pengujian ini kami menggunakan aplikasi Nemo Handy,” imbuhnya.

Andrias mengatakan bahwa Telkomsel sengaja memasang 4G di jalur mudik dan titik-titik keramaian karena adakalanya traffic di sana sudah tidak bisa ditampung oleh 3G. Jalur mudik Surabaya-Malang, merupakan salah satu yang mendapatkan 4G tersebut.

Selain itu, total ada 312 jalur mudik dan 526 lokasi wisata yang mendapat tambahan base tranceiver station serta kapasitas jaringan, khususnya untuk RAFI 2017 ini. Total BTS baru yang dibangun Telkomsel untuk RAFI 2017 adalah 1.376 unit 4G dan 614 unit 3G. Selain itu disiagakan juga 89 unit BTS mobile.

Baca: Internet XL Diprediksi Tembus 4.000 TB Saat Mudik dan Lebaran 2017

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReska K. Nistanto

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM