Video 23.000 Ponsel Oppo Dipreteli dan Digilas untuk Dimusnahkan - Kompas.com

Video 23.000 Ponsel Oppo Dipreteli dan Digilas untuk Dimusnahkan

Oik Yusuf
Kompas.com - 20/05/2017, 12:48 WIB
Oik Yusuf/ KOMPAS.com Aneka smartphone dan aksesorinya yang telah dipreteli kemudian diletakkan di area terbuka untuk dihancurkan dengan cara digilas. Total ada 11 tipe smartphone yang dilibatkan dalam penghancuran, mulai dari seri low-end hingga model high-end seperti N series, R series, dan Find 7. Yang terbaru adalah F1 Plus.

KOMPAS.com - Oppo Indonesia memusnahkan sebanyak 23.000 smartphone-nya yang rusak atau sudah tidak bisa diperbaiki di pusat servis.

Puluhan ribu perangkat yang mencakup unit ponsel, kemasan, dan aksesori itu diserahkan ke fasilias pengolahan limbah PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLi) di Cileungsi, Bogor.

Tipe smartphone yang dimusnahkan termasuk model-model andalan seperti seri R, seri N, Find 7, serta yang terbaru F1 Plus. Jumlah smartphone rusak tersebut merupakan akumulasi selama 4 tahun dari periode 2013 hingga 2016.

Sejumlah wartawan dari Jakarta, termasuk KompasTekno, diundang untuk menyaksikan secara langsung proses pemusnahan tersebut pada Rabu (17/5/2017).

Baca: Melihat dari Dekat Penghancuran 23.000 Ponsel Oppo

Proses pemusnahan dimulai dengan pemisahan antara unit dan aksesori dengan kemasan. Setelah dipreteli, aneka elektronik itu dihancurkan dengan cara digilas.

Selanjutnya, serpihan-serpihan smartphone itu direndam dalam larutan konsentrat garam selama tiga hari untuk menghilangkan kandungan listrik.

Keseluruhan proses pemusnahan 23.000 perangkat diperkirakan bisa memakan waktu hingga 2 atau 3 minggu. Limbah akhirnya akan ditanam di landfill yang disediakan secara khusus di lokasi.

KompasTekno merekam video pemusnahan perangkat Oppo di fasilitas PPLi. Seperti apa prosesnya? Simak tayangan selengkapnya di tautan berikut.

PenulisOik Yusuf
EditorReska K. Nistanto

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM