Video Detik-detik Kamera GoPro Tangkis Peluru Sniper, Selamatkan Nyawa Pemilik - Kompas.com

Video Detik-detik Kamera GoPro Tangkis Peluru Sniper, Selamatkan Nyawa Pemilik

Oik Yusuf
Kompas.com - 22/05/2017, 16:45 WIB
The Sun/ YouTube Momen tertembaknya Ammar Alwaely dalam video rekaman wartawan The Sun, Owen Holdaway,

KOMPAS.com - Hari Sabtu, 13 Mei 2017, jurnalis asal Irak, Ammar Alwaely pergi ke kota Mosul untuk meliput keadaan di kota yang menjadi garis depan pertempuran antara koalisi pemerintah melawan kelompok militan ISIS.

Dia berangkat bersama sejumlah rekan, termasuk Owen Holdaway, seorang jurnalis asal Inggris yang bekerja untuk The Sun.

Saat sejumlah jurnalis itu sedang merekam gambar di dekat sebuah mobil, tiba-tiba saja terdengar suara letusan. Seorang sniper ISIS rupanya tengah mengincar Alwaely. Sebuah peluru ditembakkan ke arah dada pria beruban tersebut.

Mereka pun spontan tiarap. Alwaely sendiri tak lantas tumbang, dia segera berlari mencari perlindungan ke belakang mobil, seolah tak terkena tembakan apapun.

Melihat rekannya raib, Holdaway perlahan merangkak mencari Alwaely dan menemukan sang jurnalis Irak itu tengah berdiri di belakang mobil sambil memegang kamera.

"Ammar, ya ampun, tadi itu nyaris sekali!" seru Holdaway seolah tak percaya rekannya baik-baik saja usai tertembak.

Nyatanya Alwaely memang tak cedera berkat GoPro yang terpasang di dadanya untuk memperoleh pandangan point-of-view. Timah panas sniper tepat mengenai kamera aksi tersebut sehingga tak melukai Alwaely.

Dia cuma sedikit terluka di bibir karena terkena pecahan plastik dari kamera aksi yang remuk terkena peluru.

"Kalau saja peluru tak mengenai kamera, atau posisi tubuhnnya beberapa inci lebih ke kanan, pasti sudah kena jantungnya (Alwaely) dan berakibat fatal," komentar Holdaway mengenai keberuntungan rekannya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Senin (22/5/2017).

Alwaely bukan wartawan pertama yang sengaja diincar oleh ISIS. Tahun lalu, sebanyak 26 wartawan kehilangan nyawa di Irak dan Suriah saat meliput pertempuran melawan ISIS di kedua negara tersebut.

Baca: iPhone 5S Selamatkan Nyawa Tentara AS

Adegan dramatis tertembaknya kamera aksi yang menyelamatkan nyawa Alwaely diabadikan dalam rekaman video point-of-view oleh Holdaway. Di detik-detik awal tampak jelas kamera tersebut hancur berantakan diterjang peluru sniper. Tayangan selengkapnya bsia disimak di tautan berikut.

PenulisOik Yusuf
EditorReska K. Nistanto
SumberPetaPixel
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM