Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Detik-detik Kamera GoPro Tangkis Peluru Sniper, Selamatkan Nyawa Pemilik

Kompas.com - 22/05/2017, 16:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Hari Sabtu, 13 Mei 2017, jurnalis asal Irak, Ammar Alwaely pergi ke kota Mosul untuk meliput keadaan di kota yang menjadi garis depan pertempuran antara koalisi pemerintah melawan kelompok militan ISIS.

Dia berangkat bersama sejumlah rekan, termasuk Owen Holdaway, seorang jurnalis asal Inggris yang bekerja untuk The Sun.

Saat sejumlah jurnalis itu sedang merekam gambar di dekat sebuah mobil, tiba-tiba saja terdengar suara letusan. Seorang sniper ISIS rupanya tengah mengincar Alwaely. Sebuah peluru ditembakkan ke arah dada pria beruban tersebut.

Mereka pun spontan tiarap. Alwaely sendiri tak lantas tumbang, dia segera berlari mencari perlindungan ke belakang mobil, seolah tak terkena tembakan apapun.

Melihat rekannya raib, Holdaway perlahan merangkak mencari Alwaely dan menemukan sang jurnalis Irak itu tengah berdiri di belakang mobil sambil memegang kamera.

"Ammar, ya ampun, tadi itu nyaris sekali!" seru Holdaway seolah tak percaya rekannya baik-baik saja usai tertembak.

Nyatanya Alwaely memang tak cedera berkat GoPro yang terpasang di dadanya untuk memperoleh pandangan point-of-view. Timah panas sniper tepat mengenai kamera aksi tersebut sehingga tak melukai Alwaely.

Dia cuma sedikit terluka di bibir karena terkena pecahan plastik dari kamera aksi yang remuk terkena peluru.

"Kalau saja peluru tak mengenai kamera, atau posisi tubuhnnya beberapa inci lebih ke kanan, pasti sudah kena jantungnya (Alwaely) dan berakibat fatal," komentar Holdaway mengenai keberuntungan rekannya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Senin (22/5/2017).

Alwaely bukan wartawan pertama yang sengaja diincar oleh ISIS. Tahun lalu, sebanyak 26 wartawan kehilangan nyawa di Irak dan Suriah saat meliput pertempuran melawan ISIS di kedua negara tersebut.

Baca: iPhone 5S Selamatkan Nyawa Tentara AS

Adegan dramatis tertembaknya kamera aksi yang menyelamatkan nyawa Alwaely diabadikan dalam rekaman video point-of-view oleh Holdaway. Di detik-detik awal tampak jelas kamera tersebut hancur berantakan diterjang peluru sniper. Tayangan selengkapnya bsia disimak di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com