Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Pantau Anggota Keluarga di Layanan Google

Kompas.com - 24/05/2017, 17:21 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Google merilis fitur baru bertajuk "family group" di beberapa layanannya, seperti YouTube TV, Calendar, Keep, dan Photos. Sesuai namanya, fitur itu dirancang untuk keluarga agar semakin mudah membagi konten-konten digital bagi sesama anggotanya.

Tiap family group berisi maksimal enam anggota, di mana salah satunya menjadi "manager" yang tugasnya lebih kurang sebagai admin akun grup. Manager bisa menyetel metode pembayaran, memonitor akun untuk anggota di bawah 13 tahun, serta mengizinkan atau memblokir akses ke konten tertentu untuk beberapa orang.

Akun orang tua tak memiliki kekuasaan sebanyak admin, namun bisa menyetujui atau menolak permintaan pembayaran ketika anggota lain hendak membeli konten digital, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Rabu (24/5/2017).

Fungsi family group sejatinya berbeda-beda pada tiap layanan. Di YouTube TV, misalnya, semua anggota bisa mendapat cloud DVR (Digital Video Recorder) dengan penyimpanan tak terbatas alias unlimited.

Sementara itu, family group di Calendar dan Keep memungkinkan para anggota keluarga saling membagi agenda kalendar dan catatan penting. Pada Photos, family group memudahkan anggota saling membagi foto dan video.

Anda bisa saja bergabung ke sebuah family group lantas meninggalkannya dan beralih ke family group lain. Namun, tindakan ini cuma bisa dilakukan sekali setahun.

Untuk sementara, family group ini baru bisa diakses di beberapa negara seperti Australia, Brazil, Kanada, Perancis, Jerman, Irlandia, Italia, Jepang, Meksiko, Selandia Baru, Rusia, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat.

Belum jelas kapan family group bisa dinikmati masyarakat Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com