Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Facebook, Zuckerberg Pernah Bikin ZuckNet

Kompas.com - 24/05/2017, 20:08 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Re/code

KOMPAS.com - Nama Mark Zuckerberg identik dengan media sosial Facebook. Maklumlah, pria jebolan Universitas Harvard ini merupakan pendiri jejaring sosial terbesar di dunia itu. Namun sebelum Facebook, Zuckerberg sebenarnya sudah sering iseng membuat aneka produk teknologi.

Salah satunya adalah ZuckNet yang dibuatnya semasa remaja di kota New York, Amerika Serikat. ZuckNet adalah jaringan chat yang khusus dibuat untuk para penghuni rumahnya.

"Dulu, tempat praktek ayah saya yang seorang dokter gigi tersambung dengan rumah," ujar Zuckerberg dalam sebuah siaran podcast, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Re/code, Rabu (24/5/2017).

"Para dokter gigi dan hygienist perlu saling berbagi data pasien. Jadi saya bikin sistem yang memungkinkan ayah berkomunikasi dengan orang-orang di ruangan lain, sekaligus ngobrol dengan saya dan adik saya di lantai atas," terangnya mengenai ZuckNet.

Ketika membikin ZuckNet, Zuckerberg baru berusia sekitar 10 tahun. Jejaring kecil-kecilan itu lantas tersingkir ketika orang-orang rumahnya beralih ke layanan sejenis bikinan perusahaan besar.

"Tentu saja, AOL Instant Messenger datang dan semua orang memakai itu," kata Zuckerberg. Ironisnya, di kemudian waktu, AOL kalah jauh dibanding raksasa teknologi ciptaan Zuckerberg, yakni Facebook.

Perusahaan jejaring sosial yang didirikannya saat masih berkuliah itu kini telah tumbuh menjadi salah satu entitas teknologi paling terpandang di dunia.

Soal chatting, Facebook memiliki dua layanan, WhatsApp dan Messenger, yang masing-masing saat ini punya lebih dari 1 miliar pengguna aktif.

Baca: Cerita di Balik Pencitraan Mark Zuckerberg

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Re/code
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com