Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Kampung Melayu, Facebook Aktifkan "Safety Check", Begini Cara Memakainya

Kompas.com - 25/05/2017, 08:06 WIB

KOMPAS.com - Terkait kejadian ledakan bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (24/5/2017) malam, Facebook mengaktifkan fitur Safety Check bagi pengguna di area Jakarta.

Fitur Safety Check ini bisa digunakan untuk memberitahukan teman akan kondisi pemilik akun, apakah mereka dalam kondisi selamat dari insiden bom Kampung Melayu tersebut.

Fitur Safety Check memungkinkan pengguna di daerah Kampung Melayu/Jatinegara yang terkena insiden untuk melaporkan statusnya. Yakni, apakah selamat atau tidak.

Jika pengguna berada di daerah Kampung Melayu/Jatinegara/Jakarta, sistem Facebook secara otomatis akan mengirimkan notifikasi ke perangkat mobile. Kira-kira, isi notifikasi itu seperti ini, "Ledakan di Jatinegara, beritahu teman Anda baik-baik saja".

Kemudian, jika aman, pengguna bisa memilih pesan "saya aman" atau "I'm Safe".

Apabila si pengguna memilih pesan "aman", sistem secara otomatis akan mengirimkan notifikasi kepada semua kontak yang ada di akunnya. Isinya, menyatakan bahwa si pengguna dalam keadaan baik-baik saja.

Selain melalui aplikasi mobile, pengguna Facebook juga bisa mengunjungi tautan berikut ini untuk mengakses Safety Check bom Kampung Melayu dari browser.

Fitur Safety Check sendiri sebenarnya dikembangkan sebagai sistem informasi saat terjadi bencana, seperti gempa bumi atau banjir. Akan tetapi, untuk kasus bom Kampung Melayu kali ini, Facebook sedikit memodifikasinya.

Fitur tersebut diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 2014. Kala itu, Facebook menyatakan terinspirasi dengan peristiwa bencana gempa bumi yang menimpa Jepang di tahun 2011.

Baca: Facebook Safety Check Tertipu Berita Lawas Bom di Bangkok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com