Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Langkah Bersih-bersih Memori Smartphone Android yang Kepenuhan

Kompas.com - 28/05/2017, 14:08 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Mendapat notifikasi soal kapasitas memori smartphone yang penuh adalah salah satu hal paling menyebalkan di era teknologi. Apalagi jika notifikasi itu muncul ketika Anda sedang merekam video momentum penting.

Anda bisa saja menambah kapasitas memori dengan microSD eksternal. Lantas, bagaimana jika memori itu juga telah maksimal digunakan atau ponsel Anda tidak dibekali fitur tambahan memori via microSD?

Sebenarnya ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi memori smartphone di Android. Misalnya saja dengan menghapus aplikasi yang tak sering digunakan.

Selain itu, ada beberapa trik lain yang bisa dilakukan, sebagaimana dilaporkan KompasTekno Minggu (28/5/2017).

Pertama, hapus cache dan data pada aplikasi. Langkah ini pas untuk Anda yang enggan menghapus aplikasi di smartphone.

Cukup tandangi "Settings", "Storage", lalu pilih "Apps". Anda akan menemukan opsi "Clear Data and Clear Cache". Bersamaan dengan itu, Anda bisa melihat sebanyak apa cache dan database suatu aplikasi meraup memori.

Baca: 7 Mitos dan Kenyataan Seputar Cara Nge-charge Smartphone

Pasca menghapus cache dan database, penjajalan aplikasi akan kembali seperti pertama kali Anda menginstalnya. Misalnya saja untuk Facebook, Anda akan otomatis keluar atau log out setelah menghapus cache dan database.

Kedua, sinkronisasi foto dan video ke cloud. Bagi Anda yang doyan selfie dan merekam video, perlu diketahui bahwa dua konten itu cukup besar meraup memori.

Jika Anda tak tega menghapus foto dan video, opsi yang bisa dilakukan adalah menyinkronkan konten-konten itu ke cloud. Untuk Android, salah satu layanan cloud yang disediakan untuk foto dan video adalah Google Photos.

Sebelum mengunggah file foto tersebut, tidak ada salahnya menggunakan jaringan Wi-Fi. Pasalnya, fitur yang satu ini cukup memakan data internet.

Cara sinkronisasinya mudah, tandangi "Settings" lalu pilih "Backup & Sync". Selanjutnya, klik pilihan "Free Up Space" untuk menghapus foto dan video di galeri yang sudah disalin ke Google Photos.

Baca: Cara Memperkuat Sinyal Smartphone

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com