Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fitur Google Pendukung Ibadah Puasa Ramadan

Kompas.com - 30/05/2017, 15:09 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Ada beberapa kegiatan yang seakan wajib dilakukan selama bulan Ramadan. Misalnya saja memasak hidangan spesial untuk berbuka puasa, menyiapkan ucapan khusus untuk kerabat dan keluarga, hingga mudik untuk berkumpul dengan orang-orang terkasih.

Google ingin mempermudah masyarakat modern dalam melakukan rangkaian kegiatan tersebut melalui layanan-layanannya. Hal tersebut disampaikan Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami.

“Kami memperkenalkan fitur terbaru dari Search, Maps, Play dan YouTube untuk menjadi teman di empat momen terpenting Ramadanmu yaitu teman puasa, ngabuburit, mudik dan hari raya,” kata dia, sebagaimana tertera pada keterangan pers yang dihimpun KompasTekno, Selasa (30/5/2017).

Pertama, Google menghadirkan fitur Ramadan di Search. Pengguna cukup memasukkan kata “Ramadan” di kolom pencari, lantas semua konten terkait bulan suci akan muncul dengan rapi dan terkurasi. Ada resep untuk berbuka, ucapan salam, hingga informasi soal kapan matahari terbenam.

Kedua, Google menghadirkan fitur memesan tempat alias “Find a Table” di Maps. Google bekerja sama dengan Qraved dan Chope untuk memudahkan pengguna memesan tempat di restoran tertentu untuk buka puasa.

Masih pada Maps, Google juga menghadirkan fitur jadwal KRL secara real time. Pengguna dapat mengetahui estimasi perjalanan sekaligus menghindari kemacetan selama periode mudik. Pengguna juga bisa berbagi lokasi perjalanan dengan kerabat secara real time melalui Maps.

Dalam perjalanan mudik, selain membantu mencari restoran dan SPBU terdekat, Maps juga dapat membantu mencari masjid untuk beribadah.

Ketiga, Google menghadirkan Ramadan Shelf di YouTube. Fitur ini bakal menunjukkan konten-konten YouTube yang relevan dengan Ramadan.

Untuk mengakses fitur ini dengan cara yang menyenangkan, Google menghadirkan doodle di YouTube atau disebut “Youdle”. Ketika pengguna mengklik Youdle, halaman otomatis berpindah ke Ramadan Shelf.

Selama perjalanan mudik, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur YouTube Offline untuk menikmati konten hiburan tanpa koneksi internet.

Keempat, berbagi foto Idul Fitri lebih mudah dengan Google Photos. Mengambil foto saat sedang berkumpul dengan keluarga merupakan suatu hal yang paling ditunggu dan tidak pernah terlewatkan.

Dengan fitur album sharing di Google Photos, setiap anggota keluarga dapat lebih mudah mengkses foto ataupun menambahkan foto yang tersimpan di smartphone secara mudah dari manapun dan kapanpun hanya dengan sentuhan jari.

Baca: Google Rilis Jamboard, Papan Tulis Digital Seharga Rp 66 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com