Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Induk Snapchat Beli Perusahaan Pengoprek "Drone"

Kompas.com - 30/05/2017, 16:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Snap Inc. diam-diam memperkuat upayanya masuk ke ranah hardware. Perusahaan di balik aplikasi ephemeral messaging Snapchat ini belakangan diketahui telah mengakuisisi perusahaan pembuat drone pada akhir 2016 lalu.

Pabrikan drone bernama Ctrl Me Robotics tersebut merupakan perusahaan kecil yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat.

Nilai akuisisinya disebutkan kurang dari satu juta dollar AS, sudah termasuk peralatan dan aset perusahaan. Pendiri Ctrl Me Robotics, Simon Nielsen pun ikut diboyong oleh Snap Inc.

Ctrl Me Robotics sendiri merupakan perusahaan yang memodifikasi dan mengembangkan drone custom oprekan, khususnya drone pembawa kamera untuk studio film setempat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (30/5/2017).

Beberapa waktu lalu, Ctrl Me Robotics pernah mengunggah posting Instagram yang memperlihatkan gimbal drone eksperimental yang bisa dipasangi smartphone sehingga mampu mengambil foto atau video dari udara.


Tak jelas apakah Ctrl Me Robotics pernah mengembangkan drone yang benar-benar buatan sendiri, bukan buatan pihak lain yang dioprek. Startup ini sempat memperoleh sejumlah seed funding dari investor pada 2014, tapi tak pernah benar-benar mendapat traksi.

Adapun Snapchat pada September tahun lalu mengumumkan perubahan fokus ke hardware. Perusahaan dinamai ulang sebagai “Snap”. Pada Maret 2017, Snap Inc. melakukan pelepasan saham perdana senilai 30 miliar dollar AS.

Produk hardware yang ditelurkan Snap terhitung belum banyak dan belum berkontribusi signifikan ke pemasukan perusahaan.

Dari angka pendapatan 150 juta dollar AS di kuartal pertama tahun ini, hanya 8 juta dollar AS yang disumbang oleh produk hardware berupa kacamata berkamera, Spectacles.

Baca: DJI Bikin Drone Berkamera 100 Megapiksel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com