Quick Charge 4 Plus Isi 50 Persen Baterai dalam 15 Menit - Kompas.com

Quick Charge 4 Plus Isi 50 Persen Baterai dalam 15 Menit

Oik Yusuf
Kompas.com - 02/06/2017, 12:05 WIB
Konrad Fiedler/Bloomberg Papan nama Qualcomm Inc. di gedung kantornya di La Jolla, California, AS.

KOMPAS.com - Teknologi pengisian baterai cepat Qualcomm sudah mencapai generasi ke-4 dengan Quick Charge 4 yang diumumkan pada November tahun lalu. Kini, hanya enam bulan setelahnya, Qualcomm mengumumkan standar baru bernama QuickCharge 4+.

Qualcomm mengklaim Quick Charge 4+ mampu mengisi baterai 15 persen lebih cepat dibanding Quick Charge 4. Sebagai ilustrasi, Quick Charge 4+ dijanjikan mampu mengisi baterai dari nol hingga 50 persen dalam waktu hanya 15 menit.

Standar baru ini juga disebut 30 persen lebih efisien dan dingin 3 derajat Celsius sehingga cocok untuk digunakan di perangkat-perangkat baterai portable (power bank).

Fitur-fitur baru pada Quick Charge 4+ mencakup Intelligent Thermal Balancing untuk manajemen suhu, Advanced Safety Features untuk mencegah overheating dan hubungan pendek, serta Dual Charge yang lebih powerful.

Qualcomm Qualcomm QuickCharge 4+ diklaim lebih cepat, lebih efisien, dan lebih dingin dibandingkan QuickCharge 4 sebelumnya.
Berbeda dari Quick Charge 4, Quick Charge 4+ tidak membutuhkan chipset baru. Namun, para pabrikan perangkat perlu menambah fitur-fitur di atas ke perangkatnya lewat serangkaian hardware khusus, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (2//6/2017).

Ponsel Snapdragon 835 (dengan Quick Charge 4) yang sudah beredar sekarang pun kemungkinan besar tidak bisa diperbarui hingga mendapat Quick Charge 4+ melalui update software.

Sejauh ini baru ada satu perangkat yang dipastikan telah mendukung Quick Charge 4+, yakni Nubia Z17 yang menggunakan Snapdragon 835, RAM 8 GB, dan baterai 3.200 mAh.


Baca: Tudingan Monopoli yang Dihadapi Qualcomm

PenulisOik Yusuf
EditorDeliusno
SumberThe Verge,
Komentar
Close Ads X